fbpx
Cara Cek & Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online

Cara Cek & Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online

Saat ini, semakin mudah bagi masyarakat untuk mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor.

Bahkan, Jaman sekarang tidak perlu ke kantor Samsat setempat yang memakan waktu dan tenaga. Anda  hanya perlu menyediakan HP atau laptop

Langkahnya hanya ada 3, yaitu Cek jumlah pajak yang harus anda bayarkan, Membayar sesuai jumlah yang tertera, dan yang terakhir tinggal menunggu pengesahan dari samsat. Selengkapnya bisa anda baca sampai habis.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online

Ada beberapa cara untuk membayar pajak kendaraan secara online, yaitu :

Melalui Aplikasi SIGNAL

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membayar pajak mobil secara online. Caranya sangat mudah, ikuti langkah – langkahnya pada link di bawah ini.

CARA BAYAR LEWAT APLIKASI SIGNAL

Melalui ATM BCA

Fasilitas e-Samsat memungkinkan pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan bermotor secara online melalui jaringan ATM BCA dengan tambahan biaya murah.

Cara Bayar Pajak Mobil/Motor melalui ATM BCA dapat anda simak pada link di bawah ini.

CARA BAYAR LEWAT ATM BCA

Melalui Indomaret

Kini ada cara bayar pajak motor di Indomaret yang bisa menjadi pilihan praktis, pemilik kendaraan kini tidak perlu lagi mengantre di loket Samsat.

Caranya mudah, kok! Panduan selengkapnya dapat anda baca pada link di bawah ini.

CARA BAYAR LEWAT INDOMARET

Tidak ribet, kan? Itulah cara cek dan bayar pajak kendaraan bermotor secara online di HP atau laptop. Anda bisa melakukannya tanpa harus antre di kantor samsat. Mudah dan cepat!

Apakah Pajak Kendaraan Termasuk Asuransi Mobil?

Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di antaranya Nilai Jual Objek Pajak alias NJKB, tarif pajak dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau biasa disebut SWDKLLJ.

Ternyata dalam rincian pajak yang kita bayarkan tidak termasuk asuransi mobil/kendaraan. Padahal, setiap mobil/kendaraan yang kita punya seharusnya dilengkapi asuransi kendaraan.

Ketika kita membeli sebuah kendaraan, biasanya harga yang kita bayarkan sudah termasuk dengan asuransi mobil apabila kendaraan mengalami kecelakaan, pencurian atau risiko yang menyebabkan kerugian di masa depan.

Dengan adanya perlindungan seperti ini, konsumen pasti akan merasa lebih aman karena kerugian yang dialami akan dicover oleh perusahaan tersebut. Bentuk kompensasinya bisa berbeda jenis dan besaran yang didapat.

Namun, asuransi mobil yang kita berikan sebagai perlindungan pada mobil kita tidak perlu kita bayar lagi tiap tahunnya. Pada PKB, hanya asuransi kecelakaan yang kita bayarkan dalam bentuk SWDKLLJ.

Jenis Asuransi Khusus Kendaraan

Sebagai pengetahuan, ternyata asuransi kendaraan ada jenisnya juga, loh. Simak penjelasan di bawah ini.

Asuransi All-Risk

Asuransi All-risk berarti jenis yang mengcover seluruh jenis risiko buruk yang terjadi pada kendaraan yang dibeli, terutama kendaraan baru. Kerusakan yang ditangani bisa dari yang ringan seperti lecet sekalipun hingga pencurian.

Asuransi Total Loss Only

Jenis yang satu ini berlaku bagi risiko kendaraan “hilang secara total”. Mobil yang hilang dicuri atau mengalami kerusakan 75% hingga tak bisa digunakan lagi masuk dalam jenis Asuransi TLO ini.

Untuk klaim asuransi TLO ini butuh bukti dan memenuhi syarat yang diminta.

Asuransi Collision Coverage Insurance

Jenis asuransi ini cocok untuk mereka yang masih pemula dalam berkendara mobil. Asuransi Collision coverage menanggung kerusakan yang dialami oleh pemilik kendaraan sendiri dan ganti rugi yang diperoleh bisa senilai harga mobil yang dipunya.

Kata Kunci:cara bayar pajak motor online