fbpx
Pemilik Gigi Kuning, Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Alami

Pemilik Gigi Kuning, Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Alami

Banyak orang kurang percaya diri saat tersenyum atau tertawa. Salah satu penyebabnya adalah gigi kuning. Banyak orang yang ingin memiliki gigi putih, tetapi tidak tahu bagaimana cara memutihkannya.

Padahal, ada banyak cara memutihkan gigi yang bisa dilakukan di rumah. Perubahan warna gigi itu sendiri mungkin disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu.

Misalnya, teh atau kopi dapat membikin email gigi ternodai. Hal ini menyebabkan erosi lapisan luar gigi, yang membuat dentin terlihat. Seperti yang kita ketahui, warna asli dentin adalah kuning.

Berikut sejumlah cara mudah memutihkan gigi di rumah:

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari setelah makan menjadi salah satu cara mudah untuk memutihkan gigi. Menyikat gigi mencegah noda menempel dan menghilangkan plak gigi.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan benang gigi (dental floss) dan obat kumur setiap hari untuk membersihkan sisa makanan.

Baca Juga :  Sariawan: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegahnya

Ingatlah untuk tidak menyikat gigi segera setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, karena itu akan melemahkan dan menghilangkan email gigi.

2. Mengurangi konsumsi gula

Jika anda ingin gigi lebih putih, kurangi asupan gula sekarang juga. Gula membantu pertumbuhan bakteri Streptococcus yang menyebabkan plak dan radang gusi.

Oleh karena itu, mengurangi gula adalah cara yang efektif untuk memutihkan gigi yang kuning. Setidaknya, jika anda ingin mengonsumsi makanan manis, segera sikat gigi setelah makan. Langkah ini diperlukan untuk menghindari pertumbuhan Streptococcus.

Seperti diketahui, minuman seperti kopi, anggur merah dan soda dapat menodai gigi. Bukan berarti anda harus menghindarinya. Hanya saja, jangan sering-sering minum minuman ini. Jika memungkinkannya, gosok gigi segera setelah meminum minuman tersebut untuk mencegah noda menempel pada gigi.

3. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru dan organ tubuh lainnya, tetapi juga membuat gigi menjadi kuning. Selain itu, diketahui bahwa noda akibat tembakau dapat menembus permukaan email gigi.

Selain itu, noda tembakau sulit dihilangkan, bahkan dengan menggosoknya. Semakin lama anda merokok, semakin banyak noda yang menyebar pada gigi. Oleh karena itu, berhentilah merokok dan buat gigi anda tidak kuning lagi.

Baca Juga :  Penting! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

4. Batasi minum teh, kopi dan soda

Lapisan terluar dari gigi (email) akan terkikis seiring bertambahnya usia. Sehingga, lapisan berikutnya, dentin, akan tampak lebih kuning.

Penting untuk membatasi minuman yang menodai gigi anda, seperti teh, kopi dan soda, sebagaimana yang dijelaskan di atas, agar gigi tetap putih. Jika minuman atau makanan akan menempel di baju putih anda dan meninggalkan noda, itu juga akan membekas di gigi.

5. Gunakan obat kumur

Selain menyegarkan napas, obat kumur juga dipercaya dapat mengurangi penumpukan bakteri di mulut dan mempercantik warna gigi. Pilih obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida dan berkumurlah selama 60 detik, lalu buang.

6. Gunakan baking soda

Soda kue adalah bahan abrasif ringan yang dapat menghilangkan noda di permukaan. Untuk itu, baking soda bisa digunakan untuk menyikat gigi agar terlihat lebih putih. Semakin tinggi konsentrasi baking soda, semakin efektif membersihkan noda pada gigi.