fbpx
Ketahui Cara Praktis Beli Materai 10.000 Via Online

Ketahui Cara Praktis Beli Materai 10.000 Via Online

Bagi anda yang sering berurusan dengan berbagai dokumen, membeli dan menyimpan materai tentu menjadi suatu keharusan. Apalagi bila dokumen tersebut berkaitan dengan transaksi komersial dan perjanjian kontrak.

Seperti diketahui, pemerintah sendiri kini memungut bea materai tunggal, yakni 10.000 rupiah, menggantikan materai lama berupa 3.000 rupiah dan materai 6.000 rupiah.

Kenaikan bea materai ini untuk meningkatkan penerimaan pajak pemerintah pusat. Dengan kenaikan tarif bea materai, diperkirakan penerimaan pajak negara akan meningkat.

Undang-undang baru ini juga memperluas definisi dokumen yang dikenakan bea materai. Yakni, mencakup tidak hanya dokumen kertas tetapi juga dokumen elektronik.

Perubahan ini bertujuan untuk memberikan kesetaraan fungsi (level playing field) antara dokumen elektronik dan dokumen kertas sehingga asas keadilan dapat dilaksanakan secara proporsional dalam pengenaan bea materai.

Bagi yang membutuhkan materai banyak, membeli langsung di kantor Pos bisa menjadi pilihan lain, karena harganya yang relatif lebih murah dibandingkan membeli secara eceran di berbagai tempat penjualan materai.

Untuk penjualan jaringan kantor PT Pos Indonesia, harga materai per lembar kertas dibanderol 10.000 rupiah. Kabar baiknya, materai yang dijual di kantor Pos dapat dibeli secara online.

Baca Juga :  25 Lowongan Kerja di Pos Indonesia, Buruan Cek di Sini!

Berikut cara beli materai 10.000 rupiah secara online di Pos Indonesia:

  1. Buka laman meterai.posindonesia.co.id.
  2. Klik “Registrasi” di pojok kanan atas untuk mendaftarkan akun
  3. Isi informasi pribadi seperti nama, alamat email, kata sandi, nomor telepon dan alamat
  4. Pos Indonesia selanjutnya akan mengirimkan email berupa verifikasi untuk aktivasi akun
  5. Jika sudah terdaftar, anda dapat membeli materai minimal 5 keping atau lebih
  6. Pilih layanan ekspedisi pengiriman
  7. Pembelian materai akan dikenakan biaya pengiriman dan asuransi pembelian materai
  8. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank atau petugas kasih kantor pos
  9. Materai akan dikirim langsung ke alamat pembeli.

Itulah cara membeli materai 10.000 secara online di Pos Indonesia. Jadi, anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli materai 10.000.

Cukup di rumah aja, ambil smartphone anda, lalu ikuti langkah-langkah di atas untuk melakukan pembelian materai 10.000 rupiah secara online di Pos Indonesia. Mudah dan praktis, kan?