fbpx
Cara Memindai Dokumen Pakai HP Android dan iPhone

Cara Memindai Dokumen Pakai HP Android dan iPhone

Belakangan ini, teknologi selalu membantu berbagai kebutuhan kita. Misalnya, digitalisasi dokumen atau foto, kini bisa dilakukan tanpa membeli pemindai atau scanner.

Berikut adalah bagaimana teknologi dapat membantu anda memindai dokumen hanya bermodalkan smartphone anda, bahkan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ya, KulikMedia kali ini akan membagikan cara memindai dokumen melalui smartphone iPhone dan Android. Jadi, anda tidak perlu lagi membeli scanner untuk melakukan pemindaian dokumen, apalagi harganya bisa jadi kurang bersahabat di kantong anda.

Yuk simak cara selengkapnya di bawah ini!

Cara memindai dokumen di iPhone

Untuk pengguna iPhone, anda dapat dengan mudah memindai dokumen menggunakan aplikasi Notes yang telah diinstal sebelumnya.

Untuk melakukan ini, anda dapat membuka aplikasi Notes dan membuat catatan baru dengan mengklik ikon yang terlihat seperti kotak dengan pena di sudut kanan bawah layar. Kemudian klik ikon kamera di bagian bawah catatan baru dan pilih Pindai Dokumen.

Baca Juga :  Simak Ini Tips Menjaga Keamanan Privasi di WhatsApp

Tempatkan smartphone di atas dokumen yang akan dipindai. Aplikasi akan mendeteksi dokumen dan memindainya saat disetel ke otomatis. Dalam mode manual, anda hanya perlu mengambil foto dokumen. Pengguna juga dapat beralih mode di sudut kanan atas layar.

Kemudian klik tombol rana foto di bagian bawah layar untuk menyelesaikan pemindaian. Setelah mengambil file, anda juga dapat melakukan pengeditan dengan menyeretnya di sekitar sudut halaman.

Setelah selesai, klik Simpan di sudut kanan bawah layar. File akan disimpan sebagai PDF. Dokumen siap dikirim.

Cara memindai dokumen di Android

Untuk pengguna Android, cara memindai dokumen dapat dilakukan dengan menggunakan Google Drive. Bagi pengguna Gmail, seharusnya aplikasi ini sudah terpasang.

Untuk melakukan ini, anda dapat membuka aplikasi Google Drive dan mengklik tombol plus di sudut kanan bawah. Klik Pindai dan izinkan akses ke kamera (jika anda belum melakukannya).

Kemudian ambil foto dokumen yang ingin anda pindai. Tekan X untuk mencoba lagi atau tanda centang untuk konfirmasi.

Baca Juga :  3 Cara Mudah Keluar Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Dari sana, pengguna dapat memotong, memutar atau mengonversi menjadi hitam putih. Tekan Simpan setelah selesai. Tambahkan nama file dan pilih folder untuk tempat penyimpanan. Pilih Simpan lagi.