fbpx
Penting! Ini Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Seluler

Penting! Ini Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Seluler

Masyarakat perlu mengetahui cara cek Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang terdaftar pada kartu SIM Indosat Ooredoo, Telkomsel, Smartfren, Tri dan XL Axiata.

Hal ini karena dengan mengecek NIK yang didaftarkan pada saat registrasi kartu seluler, masyarakat dapat mengetahui berapa nomor kartu seluler yang didaftarkan dengan NIK yang sama.

Selain itu, masyarakat juga dapat mengetahui apakah NIK mereka disalahgunakan oleh orang lain untuk pendaftaran kartu seluler atau tidak.

Seperti diketahui, pemerintah memang mewajibkan pelanggan operator seluler Indonesia untuk mendaftarkan NIK mereka guna mengaktifkan nomor kartu SIM operator seluler untuk meminialisir tindakan penipuan.

Tidak hanya itu, pemerintah juga membatasi jumlah nomor seluler yang bisa didaftarkan degan NIK yang sa,a. Masyarakat hanya bisa mendaftarkan maksimal tiga nomor kartu seluler untuk setiap NIK atau nomor kartu keluarga (KK).

Lantas, bagaimana cara mengecek NIK terdaftar saat registrasi kartu seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren dan Tri?

Cara Cek NIK yang Terdaftar di Indosat Ooredoo, Telkomsel, Smartfren, Tri dan XL Axiata

Di bawah ini KulikMedia bagikan cara cek NIK yang terdaftar di kartu seluler Indosat Ooredoo, Telkomsel, Smartfren, Tri dan XL Axiata. Simak dengan saksama ya!

1. Telkomsel

Cara cek NIK yang terdaftar di Telkomsel adalah dengan melakukan panggilan ke 188.

2. Indosat Ooredoo

Cara cek NIK yang terdaftar di Indosat Ooredoo adalah melalui LINK INI. Anda juga dapat mengirim SMS ke 4444 dengan menuliskan format INFO#NIK

3. XL Axiata

Cara cek NIK yang terdaftar di XL Axiata bisa dilakukan melalui USSD dengan memasukkan format *123*4444#. Sedangkan untuk nomor AXIS bisa dilakukan dengan mengunjungi LINK INI. Kemudian isikan NIK pada kolom yang disediakan dan klik Cek NIK.

4. Tri (3)

Anda dapat melakukan pengecekan NIK yang terdaftar di Tri mengirim SMS dengan format STATUS ke 4444.

5. Smartfren

Anda dapat melakukan pengecekan NIK yang terdaftar di Smartfren dengan cara mengirimkan SMS CEK ke 4444

Baca Juga :  3 Cara Melacak HP Hilang Pakai IMEI dan Aplikasi Lain

Itulah cara mengecek NIK terdaftar saat registrasi kartu seluler Indosat Ooredoo, Telkomsel, Smartfren, Tri dan XL Axiata. Diharapkan melalui fitur ini, masyarakat dapat melakukan pemantauan agar NIK-nya tidak disalahgunakan.