fbpx
6 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Wajib Anda Coba

6 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Wajib Anda Coba

Sakit pinggang tidak hanya terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Gangguan kesehatan ini juga dapat terjadi pada orang usia produktif. Secara umum, gejala yang muncul antara lain rasa panas, nyeri, kesemutan dan kaku pada area sekitar pinggang.

Pinggang akan terasa perih pada awalnya, namun lama kelamaan akan muncul sensasi tertusuk, sehingga sulit untuk bergerak dan berdiri tegak. Namun, anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Jika masih dalam ‘skala’ ringan, sakit pinggang bisa diredakan dengan cara sederhana. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan.

1. Tempel koyo

Untuk menghilangkan rasa sakit pinggang yang berlebihan, gunakanlah koyo. Cara ini sangat mudah dilakukan bagi siapa saja, dan mudah untuk mencari koyo karena dijual bebas di toko terdekat.

2. Berdiri dan bergerak

Orang yang bekerja di belakang meja cenderung mengalami sakit pinggang yang lebih parah, jadi harap sesuaikanlah posisi duduk, misalnya, tidak membungkuk dan berdiri setiap 20 menit.

Baca Juga :  Ini Lho 5 Penyebab Teliga Berdenging, Apakah Bahaya?

Selain itu, pastikan untuk menjaga posisi duduk yang benar untuk menghindari nyeri otot, nyeri leher dan punggung.

3. Tidur degan posisi yang benar

Tidak hanya kuantitas tidur yang penting, tetapi kualitasnya juga penting. Salah satu cara untuk menjaga kualitas tidur tetap stabil adalah dengan menempatkan posisi tidur secara maksimal. Orang yang tidur telentang harus meletakkan bantal di bawah lutut.

Orang yang tidur miring harus meletakkan bantal di antara lutut mereka untuk menjaga tulang belakang dalam posisi netral. Tidur tengkurap dapat menyebabkan leher dan kepala berputar dan memberikan tekanan berlebihan pada punggung. Jadi hal itu perlu dihindari.

4. Pilih tempat duduk yang tepat

Meski terkesan sepele, pilihan kursi ini sebenarnya sangat penting. Kursi yang tepat dapat menopang pinggang dengan sempurna.

5. Berendam air hangat

Berendam dalam air hangat dapat mengendurkan saraf dan otot pinggang yang tegang serta membuat tubuh lebih rileks. Tidak hanya itu, berendam air hangat juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak Setiap Malam

6. Lakukan aktivitas yang menyenangkan

Melakukan aktivitas yang membuat anda bahagia dapat meningkatkan mood dan mengurangi rasa sakit. Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti bersosialisasi dengan teman, minum teh atau kopi dan lain sebagainya.