fbpx
4 Tips Sukses Investasi Mata Uang Asing, Terapkan!

4 Tips Sukses Investasi Mata Uang Asing, Terapkan!

Investasi mata uang asing (valas) merupakan investasi jangka pendek yang diminati banyak orang. Investasi mata uang asing ini disebut juga dengan foreign exchange (forex), yang berarti berinvestasi dengan cara jual-beli mata uang asing.

Untuk mendapatkannya, anda harus pergi ke pasar valuta asing untuk mengkonversi mata uang yang anda miliki ke mata uang yang diinginkan. Banyak orang meyakini investasi valas dapat menjaga nilai aset, sehingga tidak mudah tergerus inflasi.

Untuk pemula, langkah pertama yang paling mudah adalah membuat rekening valuta asing. Dengan rekening valuta asing, anda dapat lebih mudah melakukan transaksi jual-beli valuta asing.

Meski begitu, agar investasi mata uang asing lebih menguntungkan, anda perlu berinvestasi dengan benar. Berikut KulikMedia bagikan tips sukses selengkapnya:

1. Tetapkan tujuan keuangan

Sama seperti ketika berencana untuk memilih instrumen investasi, tips berinvestasi valuta asing yang terbaik adalah menentukan terlebih dahulu tujuan keuangan yang ingin anda capai.

Baca Juga :  Tips Menabung Deposito untuk Kembangkan Uang Anda

Perlu dicatat bahwa ketika nilai tukar tukar valas, terutama dolar AS, bisa mempertahankan daya beli saat sewaktu-waktu kurs rupiah turun. Meski kurs mata uang asing tidak selalu stabil, alat ini bisa mendatangkan keuntungan bagi investor.

Dengan berinvestasi valuta asing, pengajuan visa juga akan lebih mudah mendapatkan persetujuan, seperti untuk kunjungan ke Eropa dan Amerika.

2. Investasi reksadana pasar uang

Reksadana pasar uang adalah salah satu cara untuk berinvestasi mata uang asing. Sebagai permulaan, reksadana pasar uang dapat mempermudah memulai investasi dan sekaligus mempelajari lebih dalam tentang seluk beluk investasi pasar uang.

Investasi reksadana jenis ini dikatakan minim risiko dibandingkan jenis reksadana lainnya seperti saham, pendapatan tetap, campuran dan lainnya.

Untungnya, kemajuan teknologi telah memudahkan anda untuk mulai berinvestasi di reksadana pasar uang. Sekarang anda dimungkinkan untuk berinvestasi reksadana pasar uang secara online.

Anda dapat bergabung dengan perusahaan sekuritas resmi yang terdaftar di OJK atau bank tempat anda membuka rekening.

3. Pilih valuta asing yang kuat

Anda dapat memilih berbagai valuta asing sebagai instrumen investasi. Namun, pastikan anda berinvestasi di valuta asing yang kuat.

Baca Juga :  Mengenal Strategi Investasi DCA, Cocok Bagi Pemula

Sebagai tips, pastikan nilai mata uang tersebut relatif stabil dan kuat terhadap rupiah Indonesia. Adapun dua mata uang yang relatif kuat terhadap rupiah Indonesia adalah dolar AS dan dolar Australia.

4. Ikuti perkembangan berita internasional

Setelah memutuskan untuk mulai berinvestasi mata uang asing, anda harus memerhatikan informasi tentang isu ekonomi.

Seperti yang kita ketahui, harga mata uang dipengaruhi oleh banyak hal atau sentiment secara global dan dalam negeri.

Anda dapat mengikuti berbagai saluran berita ekonomi dari sumber terpercaya dan bergabung dengan berbagai komunitas investasi, seperti seminar. Dengan cara ini, anda senantiasa tahu isu atau informasi apa yang berdampak pada harga mata uang.

Itulah tips sukses investasi valuta asing yang menguntungkan. Ingat! Cuan tidak bisa diperoleh dalam semalam, tetapi membutuhkan konsistensi dan wawasan untuk mencapai tujuan profitabilitas dari investasi.

Originally posted 2021-10-16 22:36:14.