fbpx
Ini Cara Menghemat Kuota Data Zoom dan Google Meet

Ini Cara Menghemat Kuota Data Zoom dan Google Meet

Pembatasan aktivitas akibat pandemi masih berlangsung di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Aktivitas seperti sekolah dan bekerja masih dilakukan secara online.

Sejak tahun lalu, berbagai platform pertemuan (meeting) online telah digunakan untuk tetap aktif selama pandemi. Beberapa di antaranya adalah Zoom dan Google Meet.

Namun, karena aktivitas ini membutuhkan jaringan internet yang stabil dan kuat, muncullan masalah. Selain itu, banyaknya acara atau rapat yang lama membuat penggunaan data menjadi boros.

Untuk mengetahuii cara mengurangi penggunaan data internet saat meeting online, berikut tips yang bisa kita terapkan:

Cara menghemat kuota data Zoom

  1. Pertama, matikan kualitas video HD dengan mengklik menu “Pengaturan” atau “Settings”. Kemudian pilih opsi “Video” di sisi kiri menu “Pengaturan“. Di bagian “Video Saya“, non-aktifkan centang pada kolom untuk opsi “Aktifkan HD“.
  2. Selanjutnya, gunakan Share Screen hanya jika diperlukan.
  3. Hindari menggunakan data lain saat zoom diaktifkan. Kita juga tidak perlu menjalankan aplikasi lain seperti streaming video, streaming musik, game online atau mengunggah dan mengunduh file berukuran besar saat meeting online sedang berlangsung.
  4. Matikan mikrofon. Selama meeting, pengguna tentu tidak berbicara terus menerus. Nah, ketika sedang tidak berbicara, kamu bisa mematikan microfon untuk menghemat kuota internet yang digunakan. Seperti halnya video, mikrofon dapat dimatikan sesuai situasi.
  5. Tutup video. Jika pengurangan resolusi tidak berdampak banyak, pengguna dapat menonaktifkan video selama meeting Zoom. Penggunaan video memang merupakan salah satu hal yang memakan banyak kuota internet. Nah, jika dimatikan, pengguna masih dapat berkomunikasi dengan suara melalui mikrofon (jika diaktifkan).
Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Meet untuk Rapat Virtual

Cara menghemat kuota data Google Meet

Kini pengguna dapat menggunakan fitur hemat kuota saat menggunakan aplikasi Google Meet yang baru saja dirilis. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi Google Meet yang diperbarui dan masuk ke menu “Settings” atau “Pengaturan”.
  • Kemudian kita harus mengaktifkan fitur Limit Data Usage dengan cara menggeser toggle ke samping kanan.

Fitur Limit Data Usage juga dapat digunakan untuk menghemat daya baterai, sumber daya CPU dan memori perangkat. Jika kita ingin meningkatkan kualitas video, kita dapat menonaktifkan fitur ini.