fbpx
Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif Agar Makin Cuan

Tips Mengembangkan Bisnis Otomotif Agar Makin Cuan

Selalu ada peluang setiap hari, termasuk peluang bisnis. Peluang bisnis di industri otomotif juga menjadi salah satu peluang bisnis yang diminati oleh para calon pebisnis. Sayangnya, pengetahuan bisnis yang sedikit seringkali menghalangi pelaku bisnis untuk mengembangkan peluang bisnis yang sudah terlanjur dijalankan.

Berikut 5 cara yang bisa kita gunakan untuk mengembangkan peluang bisnis otomotif:

1. Buat nama bisnis yang unik

Nama bisnis adalah hal pertama yang perlu kita pertimbangkan. Buat nama yang unik agar konsumen dapat mengingat bisnis kita. Akan lebih baik jika nama bisnis otomotif kita memiliki arti tertentu.

2. Bekerja sama dengan komunitas

Para ahli mengatakan community marketing akan menjadi strategi pemasaran yang kuat dalam beberapa tahun ke depan, mengingat manusia, terutama di Indonesia, sangat senang membuat komunitas dan melakukan aktivitas bersama.

Baca Juga :  Tanda Aki Mobil Soak, Ketahui Cara Mengatasinya

Jumlah anggota komunitas yang banyak, selain ‘kekuatannya’ dalam menyebarkan informasi produk/jasa, juga menjadi alasan untuk bekerja sama dengan komunitas untuk mengembangkan peluang bisnis otomotif kita.

3. Promosi di media sosial

Kita dapat menggunakan sejumlah platform media sosial untuk menyebarkan promosi. Promosi di media sosial tidak perlu menghabiskan banyak uang, tetapi kita perlu bekerja keras untuk membangun hubungan dengan konsumen melalui platform media sosial yang kita gunakan.

4. Membuat iklan menarik

Kita dapat mempromosikan bisnis dengan membuat iklan di berbagai platform seperti Youtube. Buat iklan yang menarik untuk membuat calon pelanggan penasaran dan ingin melihat iklan tersebut.

5. Bekerja sama dengan endorse

Ini adalah cara promosi yang bisa kita lakukan untuk bisnis otomotif kita. Orang berpengaruh akan membantu memasarkan bisnis kita dengan mengunggahnya di media sosial mereka, tetapi jika kita berencana untuk melakukan promosi endorse, kita harus mengeluarkan bujet dengan jumlah tertentu.

Jenis bisnis otomotif populer di Indonesia

Sedikitnya ada empat jenis bisnis otomotif yang populer di Indonesia. Di antaranya sebagai berikut:

Baca Juga :  5 Peluang Bisnis yang Lagi Populer di Tengah Pandemi

1. Bengkel servis mesin mobil dan motor

Bengkel merupakan salah satu jenis usaha otomotif yang banyak diminati. Misalnya bengkel yang menyediakan servis ringan atau servis rutin kendaraan. Seperti, membersihkan karburator, mengganti oli, membersihkan radiator atau jenis servis lainnya.

2. Jasa montir panggilan

Tidak semua bengkel mau menerima panggilan servis pribadi, seperti memperbaiki mobil atau motor yang mogok di jalan raya. Bagi yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang otomotif, ini bisa menjadi peluang yang baik. Kita dapat membuka servis panggilan dari siapa saja, di wilayah bisnis kita.

3. Air brush, cutting sticker mobil branding

Dibutuhkan keahlian khusus dalam bisnis ini. Terutama dalam seni gambar. Hasil pekerjaan kita akan terlihat pada badan bus dan motor, bak belakang, mobil perusahaan dan lainnya.

4. Bengkel modifikasi

Bengkel ini biasanya menerima modifikasi sepeda motor atau mobil, dan modifikasi ini sekarang mendapat perhatian luas dari pebisnis pemula.

Bagi konsumen yang menyukai otomotif biasanya tidak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk memodifikasi kendaraannya. Ada juga kendaraan yang dimodifikasi untuk tujuan perniagaan.

Baca Juga :  Inilah Daftar 20 Mobil Paling Laku di Indonesia