fbpx
Deretan Emoji yang Sering Disalahartikan, Padahal ...

Deretan Emoji yang Sering Disalahartikan, Padahal …

Saat ini, emoji telah menjadi bagian terpisah dari pengiriman pesan teks, baik di media sosial atau aplikasi pesan instan.

Pada tahun 2020, tercatat ada 3.136 emoji di database Emojipedia. Pada tahun 2021, jumlah ini bakal meningkat menjadi 3.353, karena 217 emoji baru akan dirilis.

Ribuan emoji ini mencakup berbagai ekspresi raut dan ekspresi wajah, serta berbagai bentuk objek, termasuk hewan, makanan, buah-buahan, alat musik dan lainnya.

Mengingat banyaknya jenis emoji dan sangat bervariasi, pengguna sering menggunakan emoji dalam konteks yang tidak tepat.

Sedikitnya ada lima emoji yang paling sering disalahartikan. Antara lain sebagai berikut

1. Emoji tangan menyatu

Emoji ini paling sering disalahartikan. Selama ini, emoji tangan menyatu biasanya diartikan sebagai emoji untuk berdoa atau meminta maaf.

Namun, beberapa waktu lalu, beberapa netizen berpendapat bahwa emoji ini merujuk pada tangan dua orang yang sedang melakukan tos.

Baca Juga :  Cara Memindahkan Chat WhatsApp iPhone ke Android

Meski begitu, menurut Emojipedia, emoji ini disebut sebagai tangan terlipat. Emoji ini digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dalam budaya Jepang. Emoji ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan gesture berdoa.

2. Emoji dua jari tengah terlipat

Kita mungkin menafsirkan emoji ini sebagai ikon metal. Tapi sebenarnya, ini adalah emoji bernama love-you gesture. Dengan kata lain, emoji ini mengekspresikan cinta atau kasih sayang.

Gestur jempol, jari telunjuk dan jari kelingking ini juga merupakan bagian dari bahasa isyarat Amerika yang digunakan untuk menyampaikan “aku cinta kamu”.

3. Emoji bibir mencibir

Emoji ini memang terlihat seperti siulan atau bahkan mencibir. Tapi nyatanya, emoji ini bernama kissing face.

Dengan kata lain, emoji ini digunakan sebagai simbol ciuman, bukan cibiran atau bersiul.

4. Emoji kentut atau kabur

Menurut Emojipedia, emoji ini dinamakan dashing away, yang mana menyerupai embusan angin ala kartun yang digambarkan sebagai awan abu-abu kecil dengan garis bergerak ke kiri.

Emoji ini biasanya digunakan dalam komik dan animasi untuk menunjukkan bahwa seseorang atau sesuatu telah melarikan diri dengan cepat dan akhirnya meninggalkan awan debu.

Baca Juga :  Sudah Tahu Bikin Tulisan Berwarna di WA? Ini Caranya

Emoji dashing away dapat digunakan untuk melambangkan kecepatan, asap dan berbagai jenis angin.

5. Emoji terkejut atau ditegur

Beberapa orang sering menggunakan emoji wajah kuning dengan mata terbuka, alis terangkat, dan mulut terbuka untuk mengekspresikan perasaaan terkejut. Sebenarnya penggunaan emoji itu kurang tepat.

Menurut Emojipedia, emoji ini disebut sebagai hushed face. Biasa digunakan untuk mengekspresikan diri ketika ditegur atau dikoreksi oleh orang lain.

Namun, emoji ini juga bisa diartikan sebagai ekspresi terkejut, malu atau sedikit gembira.

Untuk mengekspresikan perasaan terkejut atau shock, pengguna lebih cocok menggunakan emoji astonished face.

Emoji ini digambarkan dalam bentuk wajah kuning, dengan mata dan mulut terbuka lebar dibandingkan emoji hushed face, seolah terengah-engah karena shock.