fbpx
4 Obat Alami Menurunkan Demam Anak, Mudah Didapat

4 Obat Alami Menurunkan Demam Anak, Mudah Didapat

Anak-anak lebih rentan terhadap penyakit yang ditandai dengan demam. Untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut, kita perlu mencoba cara menurunkan demam anak secara alami.

Daya tahan tubuh anak masih labil dan belum dalam kondisi terbaiknya. Dengan kata lain, anak-anak lebih mungkin tertular penyakit yang ditandai dengan demam.

Sebenarnya, demam merupakan mekanisme alami ketika tubuh terinfeksi sesuatu yang masih asing. Namun, kita tetap perlu melakukan beberapa hal agar demam tidak menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

Agar demam anak cepat sembuh, perlu memerhatikan asupan makanan dan minumannya. Coba berikan beberapa jenis bahan alami di bawah ini untuk membantu menurunkan demam.

1. Jahe

Jahe telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Sifat antibakteri jahe membuatnya efektif melawan demam, batuk dan gejala umum lainnya. Kita bisa memberikan teh jahe kepada anak atau membuat minuman hangat dengan irisan jahe.

Secangkir jahe hangat dapat membuat anak berkeringat dan membantu menghilangkan panas dan racun dari dalam tubuh. Tidak hanya menyehatkan, minuman jahe juga enak, apalagi ditambah madu.

Baca Juga :  9 Tips Memuji Anak dengan Benar, Tak Perlu Berlebihan

2. Bawang merah

Bawang merah tidak hanya menjadi bumbu utama masakan, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat. Bawang merah dapat menurunkan suhu tubuh yang panas dan meredakan nyeri tubuh saat terjadi demam.

Untuk menurunkan demam anak, kita bisa mengiris bawang merah dan mencampurnya dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Kemudian, oleskan pada anak dua kali sehari. Jika kita sering melakukannya, demam anak akan langsung turun dan cepat sembuh. Cara ini juga bisa membuat anak merasa nyaman.

3. Lemon dan madu

Kombinasi lemon dan madu efektif menurunkan demam karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kita bisa menambahkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 sendok makan jus lemon. Kemudian, campurkan kedua bahan tersebut dengan baik dan berikan kepada anak.

Campuran ini bisa membantu menurunkan demam anak. Tidak hanya itu, kombinasi lemon dan madu juga membuat anak merasa nyaman karena dapat menyegarkan tubuh.

4. Kismis

Kismis juga bisa dijadikan cara untuk menurunkan demam pada anak. Makanan ini mengandung agen antibakteri yang secara efektif dapat melawan infeksi.

Baca Juga :  Ini 5 Cara Alami Turunkan Demam, Terbukti Ampuh!

Caranya, rendam 25 kismis dalam setengah cangkir air selama satu jam. Setelah teksturnya menjadi lembut, haluskan kismis hingga berbentuk pasta. Minta anak kita makan pasta kismis itu dua kali sehari.

Jika demam tidak kunjung reda, jangan ragu untuk membawa anak ke dokter ya!