fbpx
Penting! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Penting! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Penderita serangan jantung sering diminta untuk mengubah kebiasaan sehat, atau bahkan sepenuhnya menghindari kebiasaan buruk yang selama ini dilakukannya.

Beberapa orang mencoba dengan mudah mengubah gaya hidup menjadi rajin olahraga, memerhatikan pola makan dan menjauhi kebiasaan tidak sehat. Namun, ada orang lain yang telah mencoba melakukan perubahan, tetapi tidak berhasil.

Jika kita adalah orang yang termasuk sulit melakukan perubahan gaya hidup demi menghindari serangan jantung, KulikMedia akan membagikan cara jitu yang bisa kita terapkan.

Cara ini mungkin memakan waktu lebih lama, tetapi dapat membikin beberapa perubahan besar. Berikut beberapa cara sederhana untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

1. Konsumsi lebih banyak serat

Menu makanan kaya serat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Serat dapat diperoleh dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan sereal. Penuhi kebutuhan serat minimal 30 gram per hari.

Baca Juga :  Pemilik Gigi Kuning, Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Alami

Perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi asupan makanan berserat harus bertahap. Sayuran tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam satu waktu karena dapat menyebabkan perut kembung. Saat makan serat, minumlah banyak air untuk melancarkan pencernaan.

2. Konsumsi ikan

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Kita dapat memilih ikan, sarden, tuna atau salmon. Makanlah ikan jenis ini secara rutin dua kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3.

3. Aktivitas fisik secara rutin (olahraga)

Aktivitas fisik atau olahraga teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Luangkan waktu untuk berolahraga sekitar 20-30 menit setiap hari karena sangat baik untuk kesehatan jantung. Adapun pilihan olahraga yang bisa kita lakukan antara lain jalan kaki, jogging, berenang atau sekadar naik turun tangga.

4. Makan kacang

Selanjutnya, kita perlu makan kacang-kacangan, seperti kenari, almond, kacang tanah dan lainnya. Kacang terbukti baik untuk jantung. Saat kita membutuhkan camilan, jangan makan keripik atau biskuit. Coba tambahkan kacang ke salad daripada daging dalam pasta dan hidangan lainnya.

Baca Juga :  Sariawan: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegahnya

5. Sarapan

Beberapa orang mungkin merasa tidak terbiasa dengan sarapan. Padahal, sarapan sangat penting untuk memulai aktivitas. Mulailah hari dengan beberapa buah dan satu porsi biji-bijian, seperti oatmeal atau roti gandum.

6. Kelola stres

Stres merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Ketika seseorang mengalami stres berat, tekanan darah akan meningkat. Stres juga dapat mengganggu kualitas tidur yang dapat memperburuk kesehatan jantung.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara mengelola stres. Ada banyak cara sehat untuk mengatasi stres, seperti berolahraga, melakukan teknik pernapasan dan meditasi, atau melakukan aktivitas yang kita sukai. Jika stres tidak teratasi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.

7. Bersyukur

Tips terakhir adalah meluangkan waktu setiap hari untuk mengakui berkah dalam hidup. Tips ini adalah salah satu cara untuk mulai memanfaatkan emosi positif lainnya.

Bersyukur erat kaitannya dengan kesehatan yang lebih baik, umur yang lebih panjang dan hidup yang lebih bahagia. Ini akan berpengaruh positif terhadap kesehatan jantung.

Baca Juga :  Berbagai Pilihan Makanan Sehat Untuk Jantung