fbpx
4 Cara Menyimpan Biji Kopi, Jangan Ditaruh di Sini Ya!

4 Cara Menyimpan Biji Kopi, Jangan Ditaruh di Sini Ya!

Aroma yang kuat dari secangkir kopi dipengaruhi oleh banyak faktor. Proses penyimpanan, penggilingan dan penyeduhan, semuanya akan memengaruhi kualitas kopi secara keseluruhan.

Jadi, proses penyimpanan biji kopi juga harus diperhatikan, misal anda harus memerhatikan langkah-langkah menyeduh bubuk kopi.

Berbagai mitos tentang cara menyimpan biji kopi beredar di sekitar kita. Beberapa orang mengatakan bahwa untuk menjaga kesegaran biji kopi, kita bisa menyimpan biji kopi di freezer.

Apakah mitos itu benar? Tentu saja tidak!

Berikut ini cara menyimpan biji kopi dengan benar agar kesegarannya bisa bertahan cukup lama.

1. Beli biji kopi secukupnya

Perlu diingat bahwa meskipun biji kopi memiliki aroma yang kuat dan membusuk dalam waktu yang lama, kualitas biji kopi itu sendiri akan menurun seiring dengan berjalannya waktu penyimpanan. Untuk itu, belilah biji kopi secukupnya agar rasa dan kualitas kopi tidak berkurang terlalu lama.

Baca Juga :  Membandingkan Manfaat Kesehatan Kopi dan Teh

2. Simpan dalam karung goni

Kedengarannya aneh, bukan? Namun cara ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kualitas kopi, dan telah digunakan oleh masyarakat kita di masa lalu.

Gunakan karung goni yang baru dan masih kuat. Jangan menggunakan karung bekas, karena aroma biji kopi akan bercampur dengan aroma barang-barang yang sebelumnya dimasukkan ke dalam karung tersebut (seperti cengkeh, bawang, dan barang-barang beraroma kuat lainnya), sehingga aroma kopi akan memudar.

3. Simpan kopi di tempat yang sejuk, kedap udara dan cahaya

Jika terkena panas atau cahaya, kualitas kopi bisa menurun. Lebih lanjut, jika tercampur aroma lain, aroma kopi juga akan berkurang.

Untuk alasan ini, harap simpan biji kopi di tempat yang kering, sejuk, kedap udara dan terang. Jika anda memiliki sedikit biji kopi, anda bisa menggunakan kantong kertas. Anda juga dapat menggunakan aluminium foil untuk menyimpan biji kopi.

4. Perhatikan waktu penyimpanan biji kopi

Biji kopi tentunya memiliki waktu penyimpanannya masing-masing, tergantung dari wadah yang digunakan untuk menyimpan kopi tersebut. Rata-rata waktu yang pas untuk menyimpan biji kopi adalah hanya 2-3 bulan.

Baca Juga :  8 Manfaat Ampas Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Untuk melakukan ini, harap segera habiskan kopi anda selama jangka waktu itu, dan jika batas waktu terlewati, ganti biji kopi lama dengan biji kopi baru.