fbpx
Ternyata 7 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Ternyata 7 Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Kulkas tidak hanya digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman, tetapi alat tersebut juga digunakan untuk mengawetkan bahan makanan.

Makanan yang cepat basi atau rusak dapat disimpan di dalam kulkas agar lebih tahan lama.

Namun, tidak semua makanan boleh disimpan dikulkas, karena suhu rendah justru bisa membuat beberapa makanan tidak baik untuk diolah.

Berikut ini adalah 7 bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas:

1. Kentang

Menyimpan kentang pada suhu rendah akan membuatnya lembat dan cepat busuk. Solusinya simpan kentang dalam wadah kertas lalu taruh di tempat yang kering.

2. Madu

Menempatkan madu di kulkas akan membuat kualitas madu semakin buruk. Suhu yang rendah akan membuat madu lebih pekat, mengeras dan mengkristal, sehingga mengurangi kandungan nutrisinya.

3. Bawang putih dan bawang merah

Jika disimpan di kulkas, bawang putih dan bawang merah lama-lama akan tumbuh tunasnya. Tekstur bawang juga akan menjadi lebih kenyal dan kusam.

Baca Juga :  4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing

Selain itu, rasa bawang putih dan bawang merah juga tidak akan setajam sebelumnya, sehingga masakan kita akan menjadi lebih hambar.

Karena itu, simpan bawang di tempat yang kering dengan sirkulasi udara yang baik. Hindari juga sinar matahari langsung pada bawang putih dan bawang merah.

4. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti ketumbar, jinten, pala dan merica tidak boleh disimpan di kulkas. Pasalnya, rempah-rempah dapat dengan mudah menyerap aroma bahan makanan lain di sekitarnya.

Selain itu, rempah-rempah yang dimasukkan ke dalam kulkas akan mengering, menjadi bau dan kehilangan rasa aslinya.

Cara terbaik untuk menyimpan rempah-rempah adalah dengan menyimpannya dalam stoples kaca dan kemudian menutupnya dengan rapat.

5. Biji kopi

Jika kita membeli biji kopi dalam jumlah banyak dan tidak ingin langsung meminumnya, jangan simpan di kulkas. Kelembaban udara di dalam kulkas akan membuat kopi encer dan tidak kuat lagi aromanya.

Biji kopi yang disimpan di kulkas juga akan menyerap aroma makanan lain yang disimpan bersamaan. Kopi akan terasa ‘kacau’ setelah ditumbuh dan diseduh.

Baca Juga :  6 Bumbu Dapur Pengusir Tikus yang Patut Dicoba

Untuk menyimpan kopi, sebaiknya masukkan ke dalam wadah kedap udara dan simpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung.

6. Roti

Ada anggapan bahwa roti yang disimpan di kulkas akan bertahan lebih lama. Faktanya, walau bertahan lama, roti akan mengeras dan kehilangan kelembapan/mengering.

Oleh karena itu, meskipun roti telah dipanaskan dalam microwave, kelezatan rasanya akan menurun.

7. Melon

Sebuah studi menemukan bahwa menyimpan melon atau semangka pada suhu kamar membantu menjaga antioksidan secara utuh.

Namun, setelah buah itu dipotong, jangan menyimpannya di dalam kulkas dalam waktu lama, karena akan menyebabkan buah menjadi lebih berair.

Yang terbaik adalah menyimpannya di kulkas hanya selama tiga hingga empat hari.