fbpx
7 Cara Ampuh Mengusir Kantuk di Siang Hari, Praktikkan

7 Cara Ampuh Mengusir Kantuk di Siang Hari, Praktikkan

Hampir semua orang pernah diserang rasa kantuk secara tiba-tiba di siang hari. Saat anda sedang mengerjakan tugas, mata anda tiba-tiba terasa berat. Seluruh tubuh merasa ingin berhenti bekerja dan lekas-lekas tidur.

Kantuk di siang hari, terutama setelah makan siang dan sekitar pukul 14.30, biasanya menghambat produktivitas anda, baik saat anda sedang melakukan pekerjaan kantor, mendengarkan penjelasan dosen di kelas atau hal lainnya.

Namun, anda tidak perlu khawatir, di bawah ini KulikMedia membagikan tujuh cara ampuh mengusir kantuk di siang hari.

1. Bergerak

Jangan hanya duduk dan melihat laptop anda, cobalah untuk bangkit dari kursi dan berjalan-jalan. Menggerakkan tubuh, seperti berjalan-jalan di kantor selama 10 menit atau mengisi air bisa menjadi cara efektif menghilangkan kantuk di siang hari.

Saat bergerak, anda akan merasa lebih energik karena lebih banyak oksigen mengalir ke otak, pembuluh darah dan otot. Anda juga bisa berjalan-jalan saat sedang beristirahat, seperti pergi ke tempat makan yang cukup jauh atau pergi ke toilet.

Baca Juga :  Leher Kaku Sehabis Tidur, Ketahui 5 Cara Mengatasinya

2. Mendengarkan lagu-lagu seru

Pasang earphone dan pilih lagu ceria dan beritme cepat favorit anda! Cara menghilangkan kantuk di siang hari ini tidak hanya mudah dilakukan tetapi juga menyenangkan. Mendengarkan lagu dapat membangunkan otak dan meningkatkan produktivitas kerja anda.

3. Mencuci muka

Jika anda benar-benar mengantuk, anda bisa menyiramkan sedikit air ke wajah, terutama air dingin. Sentuhan air bersuhu dingin ke wajah efektif menghilangkan kantuk.

4. Minum air

Agar tidak mengantuk, anda perlu mendapatkan cairan yang cukup. Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan otak kehilangan konsentrasi dan membuat anda akan mengantuk.

Minum banyak air juga dapat menyebabkan keinginan untuk buang air kecil, jadi anda tidak bisa menahan diri untuk tidak bangun dari kursi dan berjalan ke kamar mandi. Dengan cara ini, rasa kantuk akan hilang.

5. Makan makanan ringan

Cara menghilangkan kantuk yang dianggap efektif berikutnya  adalah dengan mengonsumsi camilan. Camilan yang mengandung gula dan kafein dipercaya dapat menyegarkan mata dan menghilangkan kantuk. Meski begitu, perhatikan porsinya. Sebab, camilan manis bisa menyebabkan kenaikan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga :  5 Cara Paling Jitu Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

6. Terangi ruangan

Membuat ruangan lebih terang dapat mengurangi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi. Cobalah untuk menyalakan lampu atau membuka gorden untuk memberikan cahaya di ruang kelas atau kerja anda.

7. Peregangan

Melakukan peregangan di meja kantor juga bisa mengusir kantuk. Latihan peregangan sederhana dapat dilakukan dengan merentangkan lengan, menekuk leher ke kiri dan ke kanan atau duduk di kursi dan memutar tubuh ke kiri dan ke kanan.