fbpx
7 Cara Mudah Membedakan Kelamin Ikan Cupang

7 Cara Mudah Membedakan Kelamin Ikan Cupang

Bagi para kolektor pemula, cukup sulit membedakan jenis kelamin ikan cupang karena terlihat hampir mirip. Agar tidak bingung, berikut ini akan dijelaskan cara membedakan kelamin ikan cupang.

Diketahui, biasanya ikan cupang usia remaja akan menunjukkan perbedaan jenis kelamin. Berikut beberapa cara yang perlu kita ketahui untuk membedakan jenis kelamin ikan cupang.

1. Warna

Cupang jantan biasanya lebih cerah daripada betina. Cupang betina biasanya berwarna kusam dan cenderung gelap, terutama pada bagian tubuhnya.

2. Garis vertikal pada tubuh

Cupang betina akan memiliki pola vertikal ketika mereka siap untuk kawin, sedangkan jantan tidak. Betina yang siap kawin biasanya berumur 3-4 bulan.

3. Bentuk tubuh

Ikan cupang jantan cenderung memiliki tubuh yang lebih tebal dan memanjang. Selain itu, sirip cupang jantan juga lebih panjang. Nah, karena kombinasi itu, ikan jantan terlihat jauh lebih besar. Meski panjang tubuh keduanya sebenarnya sama, yaitu sekitar 7,5 cm.

Baca Juga :  Ini Cara Agar Kucing Baru Akur dengan Kucing Lama

4. Sirip ekor

Bisa dipastikan ikan cupang yang memiliki sirip panjang berjenis kelamin jantan. Bahkan, terkadang sirip cupang jantan bisa mencapai 3 atau 4 kali panjang sirip betina.

Namun, ada juga beberapa jenis cupang jantan dengan sirip ekor pendek. Meski begitu, dibandingkan dengan ikan cupang betina dari jenis yang sama, ukuran sirip ekornya terlihat berbeda.

5. Janggut

Cupang jantan memiliki janggut yang lebih besar. Saking besarnya, kita bisa melihatnya, walaupun tidak lagi ngedok. Berbeda dengan janggut cupang betina yang ukurannya jauh lebih kecil, sehingga hanya akan terlihat saat mereka sedang ngedok.

6. Tempat telur

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat pada bagian tempat telur berada. Biasanya, betina dewasa menunjukkan “titik telur” (ovipositor) di antara sirip dubur dan sirip perut. Ikan cupang jantan seringkali jarang menunjukkan keberadaan telur di tubuhnya.

7. Perilaku

Bukan tanpa alasan cupang jantan disebut cupang. Dia sangat kejam dan agresif terhadap cupang jantan lainnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak menempatkan dua cupang jantan di tempat yang sama.

Baca Juga :  Awas Cacing Menyerang Kucing! Ini Tanda-tandanya

Kecuali untuk kawin, juga disarankan untuk tidak mencampurkan cupang jantan dan betina dalam satu wadah.