fbpx
7 Cara Alami Mengatasi Perut Buncit Jadi Rata

7 Cara Alami Mengatasi Perut Buncit Jadi Rata

Perut buncit pasti sangat mengganggu penampilan, dan terkadang membuat orang merasa tidak percaya diri. Ada banyak cara mengecilkan perut buncit secara alami.

Perut buncit juga perlu diwaspadai, karena merupakan salah satu tanda penyebab masalah kegemukan atau obesitas.

Secara umum, kita bisa mengatasi perut buncit dengan mengatur pola makan dan gaya hidup. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa kita coba:

1. Bergerak setiap hari

Jika kita konsisten berjalan 10.000 langkah dalam sehari, kita bisa membakar hingga 500 kalori sehari. Tujuannya adalah untuk menghasilkan defisit kalori dalam tubuh kita.

Tetapi bagaimana jika kita tidak punya waktu untuk melakukannya? Jika kita tidak punya waktu, maka kita bisa melakukan aktivitas lain, seperti menaiki tangga, mengerjakan pekerjaan rumah atau bermain dengan anak.

Baca Juga :  Penting! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

2. Berolahraga secara rutin

Cara alami yang efektif untuk mengecilkan perut buncit adalah olahraga. Namun, kita tidak boleh merasa berolahraga secara asal-asalan. Disebutkan bahwa olahraga aerobik dan latihan intens adalah yang paling efektif untuk menghilangkan perut buncit.

Sebuah yang diterbitkan pada tahun 2014 menemukan bahwa olahraga aerobik atau latihan intens menjadi cara paling efektif untuk menghilangkan lemak visceral.

3. Tidur yang cukup

Orang dewasa di bawah usia 40 tahun, jika mereka tidur kurang dari 5 jam, lemak visceral akan meningkat lebih signifikan.

Lemak visceral adalah lemak yang terletak di ruang antara organ perut dan jaringan celemek yang disebut omentum. Namun, tidur lebih dari 8 jam sehari juga akan memiliki efek yang sama.

4. Batasi asupan makanan dan minuman tinggi gula

Asupan makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi harus dibatasi. Gula menjadi salah satu penyebab perut buncit, karena gula menghambat proses metabolisme yang berujung pada penumpukan lemak di perut. Oleh karena itu, batasi atau hindari mengonsumsinya sama sekali untuk mendapatkan perut yang rata!

Baca Juga :  5 Cara Alami Mengeluarkan Dahak di Tenggorakan

5. Tingkatkan konsumsi serat

Salah satu penyebab perut buncit adalah penumpukan kotoran. Hal ini biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan karena rendahnya kadar serat dalam tubuh. Agar kita memiliki perut rata, pastikan untuk memenuhi kebutuhan serat kita dengan mengonsumsi sayur dan buah secara rutin.

6. Makan lebih banyak protein

Penelitian telah menunjukkan bahwa protein dapat mengurangi aktivitas di area otak yang merangsang keinginan untuk makan. Protein dapat meningkatkan hormon dan membuat kita merasa kenyang.

Dengan cara ini, perut kita tidak akan mudah merasa lapar dalam waktu lama. Pilih protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak atau kacang-kacangan.

7. Hindari stres

Hormon stres atau kortisol erat kaitannya dengan lemak perut dan penambahan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan kadar kortisol yang tinggi dalam waktu lama lebih mungkin mengalami obesitas dan perut buncit.

Untuk menghilangkan atau menghindari stres, kita dapat melakukan langkah-langkah berikut:

Lakukan yoga, meditasi, menonton film, mendengarkan musik, bersosialisasi, termasuk berkonsultasi dengan ahli untuk menentukan sumber stres dan cara terbaik untuk mengatasinya.

Baca Juga :  7 Kebiasaan Buruk Pemicu Asam Lambung, Hindari Ya!