fbpx
Ini 5 Tips Menabung untuk Membeli Rumah Impian

Ini 5 Tips Menabung untuk Membeli Rumah Impian

Ada beberapa trik jitu agar tabungan membeli rumah tidak terganggu. Dua di antaranya adalah dengan menabung dan merencanakan keuangan semaksimal mungkin.

Anda butuh nasihat keuangan agar rencana pembelian rumah bisa berjalan lancar. Mengingat harga rumah setiap tahunnya cenderung naik, anda dan pasangan perlu mengetahui cara menghemat uang untuk membelinya sesuai waktu yang telah ditentukan.

Nah, berikut KulikMedia bagikan tips menabung untuk membeli rumah impian.

1. Sisihkan sebagian pendapatan

Untuk mempermudah mencapai tujuan, putuskan berapa banyak yang ingin anda tabung setiap bulannya. Bagi anda yang berpenghasilan stabil, cara menabung untuk membeli rumah ini tentu saja mudah untuk diterapkan.

Misal, gaji bulanan anda adalah 6 juta rupiah. Cobalah untuk menyisihkan sebagian dari total gaji tersebut untuk ditabung. Namun pastikan anda tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari ya!

Baca Juga :  Beli Rumah Sekarang Bebas Pajak, Cek Syaratnya!

2. Miliki target menabung yang jelas

Anda kemudian bisa menentukan target menabung yang jelas. Target menabung di sini tidak serta merta harus sesuai dengan harga rumah. Jika ingin menambah dekorasi atau renovasi, anda mungkin bisa melebihkannya.

Selain itu, properti akan memerlukan dokumen legalitas yang harus anda urus. Tentu saja, proses ini juga membutuhkan biaya. Oleh karena itu, jika tujuan tabungan anda lebih tinggi dari harga rumah, itu lebih baik.

3. Buat rekening tabungan khusus

Bagi anda yang suka bingung cara menabung yang efektif, cobalah untuk membuat rekening tabungan khusus yang ditujukan untuk membeli rumah impian.

Diamkan rekening tabungan itu sampai semua uang terkumpul. Dengan cara ini anda tidak perlu repot untuk menyisihkan tabungan dalam satu rekening. Ini juga mencegah anda menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

4. Dapatkan penghasilan pasif melalui investasi

Dengan meningkatnya literasi generasi muda saat ini, semakin mudah untuk mempelajari berbagai instrumen investasi yang dapat memberikan pendapatan pasif. Pendapatan pasif ini kemudian dapat digunakan sebagai dana tambahan untuk pembelian rumah.

Baca Juga :  Syarat Lengkap Mengajukan KPR, Siapkan Dokumen Ini!

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, pahami mekanisme kerjanya, risiko dan potensi pertumbuhan aset. Jika anda hanya memiliki modal ‘sembrono’ tanpa edukasi yang memadai, risiko kehilangan uang lebih banyak menjadi lebih besar daripada risiko mendapatkan pendapatan pasif dari investasi.

5. Jalani gaya hidup hemat

Berhemat bukan berarti pelit. Jadi anda masih dapat membeli apa yang anda butuhkan, tetapi dengan cara yang berbeda. Maksudnya?

Contoh sederhananya, selama ini anda membeli sabun mandi ukuran sedang yang habis setiap dua minggu. Untuk berikutnya, anda bisa membeli sabun mandi ukuran besar yang biasanya harganya lebih murah dan lebih awet.

Memulai gaya hidup hemat memang bisa terasa sulit pada awalnya, apalagi bagi anda yang terbiasa menghabiskan uang tanpa berpikir panjang.

Namun, jika kebiasaan ini terbangun dengan apik, dijamin deh menjalani hidup hemat bukan lagi menjadi rintangan yang sulit dilewati.

Originally posted 2021-09-07 20:44:07.