fbpx
Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Mulut, Awas Kanker

Efek Buruk Merokok Bagi Kesehatan Mulut, Awas Kanker

Merokok dapat menyebabkan berbagai masalah. Termasuk masalah kesehatan gigi dan mulut.

Sedikitnya ada enam masalah kesehatan gigi dan mulut yang diakibatkan oleh aktivitas merokok. Berikut ini KulikMedia bagikan untuk anda!

1. Bau mulut

Merokok adalah salah satu penyebab utama bau mulut. Rokok tidak hanya menyebabkan mulut kering, namun kandungan tar dan nikotin di dalam mulut juga dapat membuat napas tidak sedap.

2. Karang gigi

Dibandingkan dengan non-perokok, gigi perokok aktif lebih mungkin terbentuk karang gigi. Karang gigi adalah lapisan keras yang terbentuk pada permukaan gigi oleh bakteri yang mengendap. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya plak pada gigi.

Cara menghilangkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan menghilangkan karang gigi atau melakukan scaling ke dokter gigi.

3. Radang gusi

Keluhan pada gusi dapat terjadi akibat penumpukan karang gigi yang telah lama mengendap dan tidak pernah dibersihkan. Gusi akan menjadi mudah berdarah dan menyebabkan peradangan yang disebut gingivitis.

Baca Juga :  5 Cara Cepat Berhenti Merokok Meski Sudah Candu

Selain itu, karang gigi yang masuk ke dalam gusi akan menyebabkan penurunan gusi sehingga akar gigi terbuka. Hal ini akan meningkatkan kerusakan gigi dan gigi akan menjadi lebih sensitif terhadap makanan dan minuman.

4. Gigi goyang

Berbagai zat yang terkandung dalam rokok juga dapat memberikan efek inflamasi pada mulut, sehingga menyebabkan iritasi pada mukosa mulut.

Salah satu infeksi semacam itu dapat menyebabkan gigi goyang.

5. Gigi kotor

Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan noda dan perubahan warna gigi secara keseluruhan. Akibatnya, gigi menjadi kotor.

6. Kanker mulut

Risiko lain yang disebabkan oleh merokok adalah kanker mulut. Menurut temuan penelitian, perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker mulut dibandingkan non-perokok. Oleh karena itu, deteksi dini sangat penting. Kunjungi dokter gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Anda sudah tahu kan beberapa dampak buruk yang ditimbulkan oleh rokok? Gigi dan mulut anda akan bermasalah, mulai dari bau napas tak sedap hingga kanker mukut.

Baca Juga :  7 Cara Paling Efektif Berhenti Merokok Meski Kecanduan

Jika anda sudah memiliki kebiasaan buruk ini, harap segera hentikan, jangan sampai terlambat. Selain merugikan diri sendiri, merokok juga dapat membahayakan kesehatan orang-orang terdekat anda lho.