fbpx
5 Tips Ampuh Mengurasi Nafsu Makan, Terapkan!

5 Tips Ampuh Mengurasi Nafsu Makan, Terapkan!

Bagi sebagian orang, berat badan adalah masalah yang sangat penting. Untuk memiliki berat badan ideal, kita perlu menekan nafsu makan yang tinggi. Kita dapat mencoba beberapa tips menekan nafsu makan di bawah ini.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang perlu diperhatikan selama proses penurunan berat badan. Sehingga,  kita terhindar dari efek buruk pada tubuh. Oleh karena itu, wajar untuk mempertimbangkan tips berikut untuk menekan nafsu makan.

Berikut beberapa tips menekan nafsu makan secara alami, cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, yuk simak!

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi

Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat dalam makanan juga bisa membuat perut kenyang lebih lama. Karena itu, manfaat serat ini bermanfaat untuk menekan nafsu makan.

Beberapa jenis makanan berserat tinggi antara lain kacang-kacangan, gandum, agar-agar, buah-buahan dan sayuran. Selain banyak mengandung serat, makanan ini juga banyak mengandung nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Baca Juga :  Cara Mengobati Katarak Selain Operasi

2. Perbanyak minum air putih

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan banyak minum air putih dapat menekan rasa lapar, sehingga mengurangi keinginan untuk jajan atau makan berlebihan.

Minum air putih tidak hanya dapat mengurangi nafsu makan, tetapi juga membantu kita menurunkan berat badan dan mencegah dehidrasi. Untuk itu, pastikan minum air putih minimal 2 liter (kurang lebih 8 gelas air putih) sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

3. Hindari makan terlalu cepat

Jika kita sering makan terburu-buru , sebaiknya hindari kebiasaan ini untuk mengurangi nafsu makan. Sebuah laporan menyebutkan bahwa terlalu cepat mengunyah makanan dapat meningkatkan berat badan dan menyebabkan masalah jantung.

Perlu dipahami bahwa otak membutuhkan setidaknya 20 menit untuk mendapatkan informasi bahwa perutnya kenyang dan harus berhenti makan. Jika kita makan dengan perlahan, otak memiliki kesempatan untuk merasa kenyang saat makan. Hal ini secara otomatis dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

4. Minum air sebelum makan

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum segelas air sebelum makan dapat membuat orang merasa lebih kenyang, lebih puas dan kurang lapar setelah makan. Hal ini telah diungkapkan langsung melalui European Journal of Nutrition.

Baca Juga :  6 Cara Alami Menaikkan Tekanan Darah, Cobain!

Studi lain menyelidiki nafsu makan 50 wanita yang kelebihan berat badan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minum 1,5 liter air sehari selama 8 minggu dapat menyebabkan nafsu makan menurun berikut berat badannya.

Cara mengurangi nafsu makan ini juga bisa menurunkan lemak. Karena itu, sebelum makan, jangan lupa minum segelas air putih untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

5. Olahraga sebelum makan

Selain cara di atas, cara ini juga patut dicoba. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ketika kita berolahraga, hal itu mempengaruhi tingkat hormon dalam tubuh kita, yang menyebabkan turunnya nafsu makan.