fbpx
Ini Lho 5 Penyebab Umum Daun Alocasia Menguning

Ini Lho 5 Penyebab Umum Daun Alocasia Menguning

Dalam beberapa tahun terakhir, alocasia menjadi salah satu tanaman yang populer bagi pecinta tanaman hias.

Alocasia tidak hanya bisa dijadikan koleksi, tapi juga investasi yang menguntungkan. Selain harganya yang relatif mahal, banyak juga orang yang menginginkannya.

Namun, bagi siapa saja yang ingin merawat alocasia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk penyakit yang sering menyerangnya.

Ada beberapa penyakit yang sering menyerang alocasia, salah satunya adalah daun menguning.

Ini lho penyebab umum daun alocasia menguning sebagaiama dirangkum oleh KulikMedia:

1. Kelembaban tanah

Penyebab paling umum dari menguningnya daun alocasia adalah kelembaban tanah yang tidak tepat, terutama jika ada terlalu banyak air di tanah.

Alocasia dapat hidup dan berkembang dengan baik di tanah yang lembab, tetapi tidak dapat tumbuh di tanah yang basah atau jenuh. Karena itu, jadwalkan penyiraman secara teratur.

Saat menyiram alocasia, pastikan air mengalir sampai meresap ke dalam tanah. Buang kelebihan air dari piring pot dan jangan biarkan alocasia ‘kebanjiran’ air.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Hama Aglonema dengan Bawang Putih

Jika ‘kebanjiran’, alocasia akan membusuk dan akhirnya mati. Daun kuning dan coklat mungkin merupakan tanda busuk akar.

2. Kelembaban udara

Kelembaban yang rendah dan tanah yang kering dapat menyebabkan daun alocasia layu dan berwarna cokelat pada ujungnya. Akhirnya, daun alocasia akan menguning, menjadi cokelat dan layu sepenuhnya.

3. Pencahayaan yang tidak tepat

Ketika ditempatkan di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah, alocasia akan tumbuh dengan baik, tetapi dapat mentolerir cahaya sedang.

Jika terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama, daun alocasia akan terbakar. Sedangkan untuk area dengan cahaya sedang, pertumbuhannya mungkin melambat.

Jika ditempatkan dalam cahaya yang sangat redup, daun alocasia bisa menguning. Oleh karenanya, alocasia tidak cocok diletakkan di indoor.

4. Hama

Alocasia rentan terhadap hama dan serangga. Serangga penghisap cairan seperti tungau dapat mengurangi kelembapan tanaman.

Akhirnya daun alocasia akan cepat menguning. Hama seperti kutu putih dan tungau laba-laba sering muncul pada tumbuhan ini.

Jika tidak cepat dibasmi, hama kecil ini akan berkembang biak dan bergerak di sepanjang pelepah hingga celah-celah tanaman.

Baca Juga :  5 Tanaman Pisang-pisangan Ini Bisa Percantik Rumah

Mulut serangga dan hama yang menusuk dapat dengan cepat mengubah daun alocasia menjadi kuning. Terutama jika alocasia dalam kondisi kesehatan yang buruk karena cahaya yang tidak mencukupi, kekurangan nutrisi atau kelembaban tanah yang tidak tepat.

5. Penyebab alami

Jika ada daun baru tumbuh, daun alocasia yang sudah menua akan menguning. Inilah yang terjadi secara alami.

Alocasia akan menumpahkan daun tua dan mentransfer nutrisi ke daun baru.