fbpx
Beli Mobil Cash atau Kredit, Ini Plus dan Minusnya

Beli Mobil Cash atau Kredit, Ini Plus dan Minusnya

Jika ingin memiliki mobil, konsumen akan dihadapkan pada berbagai pilihan. Selain pilihan model mobil yang diinginkan, ada juga metode pembayaran untuk pembelian kendaraan tersebut. Kita dapat membeli mobil secara cash atau kredit.

Tentu saja, kita tidak perlu membayar cicilan bulanan untuk membeli mobil secara cash. Sebaliknya, jika membeli mobil secara kredit, kita harus menyiapkan uang setiap bulan untuk membayar cicilan mobil tersebut. Kita lebih suka mana, membeli mobil dengan cash atau kredit?

Jika membeli mobil untuk kebutuhan produktif, tidak ada salahnya membelinya secara kredit. Sementara jika membeli mobil untuk memenuhi gaya hidup dan tidak ada rasa urgensi, lebih baik menabung terlebih dahulu dan membayar tunai di kemudian hari.

Ini lebih menguntungkan secara finansial. Persoalannya jika mencicil, harga kendaraan akan lebih mahal daripada harga aslinya. Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan membeli mobil secara cash dan kredit:

Beli mobil secara cash

  • Keuntungan dari pelunasan di awal adalah kita tidak lagi harus memikirkan untuk melunasi kredit mobil, melainkan fokus pada biaya operasional sehingga kita dapat lebih tenang jika terjadi masalah keuangan di kemudian hari.
  • Membeli secara tunai berarti pemilik tidak pelu menanggung banyak biaya tambahan, yang mana jika dihitung, jumlah total akan lebih tinggi karena pembayaran bunga.
  • Kelemahannya, pemilik juga harus menyediakan uang dalam jumlah besar, sekaligus bisa membelanjakan semua tabungannya.
  • Risikonya, ada potensi hilangnya dana tabungan yang digunakan untuk kebutuhan lain (seperti sekolah anak, kesehatan atau cadangan darurat) untuk membeli mobil.
Baca Juga :  Tips Membeli Mobil Listrik, Perhatikan 3 Hal Ini

Beli mobil secara kredit

  • Transaksi secara kredit memungkinkan konsumen untuk segera membeli mobil baru, meskipun belum terkumpulnya dana disertai pilihan model yang lebih banyak, mengingat tidak dibatasi oleh uang tunai, selama cukup untuk membayar uang muka (DP) .
  • Keuntungan lainnya yang dapat diperoleh adalah dapat mengatur DP dan angsuran bulanan sesuai dengan rencana keuangan tanpa mengganggu anggaran lainnya.
  • Uang muka yang besar dapat mengurangi beban angsuran bulanan, sedangkan uang muka yang rendah memudahkan pembayaran lebih awal, meskipun akan menambah angsuran bulanan.
  • Selain itu, konsumen juga otomatis mendapatkan asuransi kendaraan karena setiap leasing biasanya menyediakan fasilitas ini.
  • Namun tidak dapat disangkal bahwa mengingat adanya biaya tambahan seperti bunga angsuran, jumlah total pembelian secara kredit pasti lebih tinggi.
  • Karena proses kredit melibatkan pihak ketiga yaitu lembaga pembiayaan, konsumen juga perlu menyediakan lebih banyak dokumen administrasi dan memakan waktu lebih lama.
  • Jika kita tidak mampu membayar cicilan berjalan secara terus-menerus, kemungkinan mobil kita akan ditarik oleh leasing.
Baca Juga :  Inilah Daftar 20 Mobil Paling Laku di Indonesia