fbpx
Awas Ketipu! Ini Cara Bedakan Saffron Asli dan Palsu

Awas Ketipu! Ini Cara Bedakan Saffron Asli dan Palsu

Jangan sampai membeli saffron palsu! Pelajari cara membedakan saffron palsu dan asli.

Popularitas saffron melejit beberapa waktu terakhir karena menjadi rempah termahal di dunia. Harga saffron berkisar 14 juta rupiah untuk per kg hingga 150 juta rupiah untuk kualitas terbaik. Banyak oknum memanfaatkan kesempatan ini dengan memalsukan saffron

Saffron palsu dibuat persis menyerupai saffron yang asli dari putik bunga Crocus Sativus. Namun, banyak perbedaan yang dapat diamati untuk menghindari penipuan membeli saffron yang mahal.

Berikut cara membedakan saffron asli dan palsu:

1. Aroma saffron

Sebelum membeli saffron, coba cium aroma yang muncul. Menurut chef Vindex Tengker, saffron yang asli memiliki aroma yang khas seperti madu dan jerami.

“Tes yang bisa dilakukan adalah saffron palsu tidak berbau aroma seperti aslinya, yaitu berbau mirip madu dan jerami,” kata Chef Vindex.

2. Warna air

Selain mencium aromanya, pengujian lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian saffron adalah dengan merendam saffron dalam air. Chef Vindex merekomendasikan untuk merendam safron dalam air dan kemudian menambahkan soda kue.

Saffron asli akan menghasilkan warna kuning keemasan.

“Air akan menguning. Kalau palsu air akan keruh,” tutur Chef Vindex.

3. Kekuatan saffron

Saffron asli berasal dari tangkai putik yang sudah dikeringkan sehingga membentuk benang atau serat-serat halus. Cermati benang saffron tersebut, jika terlalu mudah patah, bisa jadi itu merupakan saffron palsu.

Chef Ragil juga mengungkapkan bahwa kekuatan saffron merupakan salah satu cara membedakan saffron asli dan palsu.

“Dari baunya, warna, kandungan pucuknya dan kekuatan benangnya apabila terlalu mudah patah biasanya palsu,” kata Chef Ragil Imam Wibowo.

4. Beli pada sumber terpercaya

Beli saffron dari sumber tepercaya. Kenali pembeli dan asal usul saffron. Saffron berasal dari Iran, India, Yunani, Spanyol, Italia dan Amerika Serikat.

5. Harga saffron

Perhatikan juga harga saffron. Harga saffron yang terlalu murah patut dicurigai.

“Harga yang mahal adalah salah satu indikator saffron asli. Kalau murah mesti dipertanyakan asal usulnya,” ucap Chef Vindex.

Cermati kembali perbedaan saffron asli dan palsu agar Anda tak tertipu dan rugi saat membeli rempah termahal di dunia ini.

Source: cnnindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.