fbpx
Penting! Ketahui 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Penting! Ketahui 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru merupakan organ penting pada manusia karena berperan dalam proses pernapasan. Berikut adalah 6 cara sederhana untuk membantu menjaga kesehatan paru-paru.

Jika kita ingin memulai gaya hidup sehat, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan paru-paru yang tidak sulit atau rumit.

Dengan langkah-langkah sederhana, berikut ini KulikMedia bagikan cara mudah untuk menjaga kesehatan paru-paru kita:

1. Jangan merokok

Seperti yang kita ketahui bersama, merokok merupakan salah satu pemicu penyakit paru-paru. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan organ ini adalah dengan menghindari atau berhenti merokok. Tidak hanya perokok aktif, non perokok juga disarankan untuk menjauhi asap rokok, terutama di ruangan tertutup.

2. Olahraga

Olahraga teratur juga dapat menjaga kesehatan paru-paru kita. Tidak hanya paru-paru, aktivitas fisik juga dapat membawa manfaat bagi kesehatan jantung bahkan seluruh tubuh. Agar paru-paru lebih sehat, disarankan untuk mencoba beberapa jenis olahraga, terutama latihan pernapasan.

Baca Juga :  7 Cara Alami dan Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

3. Sering cuci tangan

Sering mencuci tangan adalah salah satu cara untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Penyakit paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti flu. Tidak ada salahnya menjaga kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi paru-paru.

4. Kurangi frekuensi memegang wajah

Selain lebih sering mencuci tangan, kita juga perlu menjaga kesehatan paru-paru dengan mengurangi frekuensi memegang wajah. Hal ini juga perlu diterapkan untuk mengurangi kontak dengan bakteri yang mungkin ada di tangan kita.

5. Bernapas lebih dalam

Bernapas lebih dalam dapat membersihkan paru-paru dan menghasilkan pertukaran penuh oksigen dan karbondioksida. Untuk mencoba bernapas lebih dalam, kita bisa duduk dengan tenang di suatu tempat.

Kemudian, tarik napas perlahan melalui hidung, lalu hembuskan setidaknya dua kali lebih lama dari mulut. Kita juga bisa menghitung napas.

Misalnya, hitung dari 1 hingga 4 saat kita menarik napas. Kemudian hitung dari 1 hingga 8 saat mengeluarkan napas.

6. Kurangi polusi dalam ruangan

Tidak hanya di luar ruangan, polusi udara juga dapat terjadi di ruangan tertutup atau di dalam ruangan. Kabar buruknya, polusi ini juga bisa merusak paru-paru.

Baca Juga :  Tanpa Minum Obat, Ini 6 Cara Jitu Atasi Sakit Kepala

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa tindakan untuk mengurangi polusi dalam ruangan, antara lain penggunaan filter udara dan penggantian secara rutin, jangan menggunakan bahan kimia yang berbau menyengat di ruangan tertutup, jika polusi udara luar ruangan mudah tercemar, harap tutup pintu dan jendela, dan jangan merokok di dalam rumah.