fbpx
Fakta Tidur Siang 20 Menit, Ini 4 Manfaatnya

Fakta Tidur Siang 20 Menit, Ini 4 Manfaatnya

Banyak orang mengeluh sulit tidur atau durasi tidur berkurang selama pandemi. Padahal, kurang tidur mengurangi sistem kekebalan tubuh yang dibutuhkan untuk mencegah infeksi.

Jika kita kurang tidur tapi tidak bisa memperpanjang durasi tidur, maka tidur siang bisa menjadi pilihan terbaik. Menariknya, kita tidak perlu tidur lama-lama. Tidur siang sebentar pun bisa membawa manfaat.

Tidur siang 10 hingga 20 menit dianggap sebagai durasi yang ideal. Ini kadang-kadang disebut sebagai “power naps” karena memberikan manfaat pemulihan tanpa membuat kita merasa mengantuk setelahnya.

Selain bisa mengusir rasa lelah, tidur siang selama 20 menit juga memberikan banyak manfaat tambahan, yaitu:

1. Meningkatkan memori

Manfaat tidur siang dapat meningkatkan energi dan kinerja otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan mengolah informasi atau mempelajari hal-hal baru.

Oleh karena itu, jika ingin mempelajari atau menghafal materi sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. Ini bisa membuat kita lebih fokus dan lebih mudah mengingatnya. Tidur siang juga dipercaya dapat membantu mencegah penyakit demensia.

Baca Juga :  5 Cara Tidur Lebih Mudah di Setiap Malam, Terapkan!

2. Meningkatkan produktivitas

Sejumlah penelitian menemukan bahwa tidur siang selama 10 – 20 menit dapat meningkatkan performa kerja dan meningkatkan produktivitas kerja.

Tidur siang telah terbukti meningkatkan kecepatan psikomotor, waktu reaksi dan kewaspadaan, yang dapat mempengaruhi kinerja seseorang.

3. Merasa lebih bahagia

Kebahagiaan adalah keadaan pikiran yang tidak mudah dipahami, dan terasa sulit untuk dicapai jika kita terpaku untuk mendapatkannya.

Namun, menurut sebuah penelitian, kunci hari bahagia adalah menambahkan waktu tidur 20 menit di siang hari dalam rutinitas sehari-hari.

Dr Richard Wiseman, seorang profesor di University of Hertfordshire melakukan survei tentang tingkat kebahagiaan dan kebiasaan tidur siang kepada lebih dari 1.000 orang dewasa.

Ditemukan hubungan yang jelas antara tidur siang singkat (didefinisikan berlangsung kurang dari 30 menit) dengan peningkatan kebahagiaan.

4. Meningkatkan fungsi jantung

Sama seperti kebanyakan organ tubuh manusia, jantung mengalami kelelahan dan ketegangan setiap hari. Tidur siang dapat mengurangi ketegangan otot dan mengendurkan jantung.

Karena itu, fungsi jantung akan semakin meningkat jika kita meluangkan waktu 20 menit untuk tidur siang.

Baca Juga :  Ketahui Tipe dan Tanda-tanda Orang Kurang Tidur