fbpx
4 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Memelihara Anjing

4 Hal yang Harus Dipikirkan Sebelum Memelihara Anjing

Memelihara hewan peliharaan—terutama anjing—seperti mempunyai momongan baru. Dalam jangka panjang, kita harus mempersiapkan banyak kebutuhan untuknya.

Sebelum membawa pulang anjing dari tempat penampungan atau toko hewan peliharaan, kita harus mempertimbangkan beberapa hal.

Misalnya, memilih ras anjing yang tepat untuk memastikan apakah anjing akan merasa senang di rumah kita atau justru sebaliknya.

Sebelum kita berencana untuk memelihara anjing, kita perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Kenali gaya hidup kita

Apakah kita termasuk orang yang aktif berlari atau hanya berdiam diri di rumah? Jika anda hanya suka duduk di sofa, maka ada beberapa ras anjing yang sebaiknya tidak kita miliki.

Setiap ras memiliki kebutuhan latihan yang berbeda. Pastikan kita dapat melatih hewan tersebut. Mengingat latihan sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental anjing.

Sebagai contoh sederhana, mainan yang digunakan untuk melatih anjing jenis pug dengan anjing gembala layaknya border collie tentunya tidak sama.

Baca Juga :  5 Ras Anjing Terbaik yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan

2. Teliti ras anjing yang Diinginkan

Apa yang dilakukan oleh ras anjing tertentu akan memberi tahu kita banyak tentang perilaku anjing itu sendiri. Misalnya, anjing gembala memiliki kebiasaan menggigit orang, sedangkan anjing penjaga lebih waspada dan sering menggonggong.

Anjing dalam kelompok olahraga dan anjing gembala lebih mudah dilatih, sedangkan anjing pemburu lebih mandiri dan sulit dilatih. Jadi, jangan sampai kita keliru menentukan ras anjing yang ingin diadopsi ya!

3. Pertimbangkan cara merawat anjing

Merawat anjing itu mahal. Beberapa ras anjing membutuhkan perawatan rutin, sementara yang lain tidak membutuhkan perawatan yang sering.

Jika tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan uang, carilah anjing yang lebih mudah dirawat. Begitulah tips yang KulikMedia sarankan untuk anda.

4. Jangan membuat keputusan mendadak

Pikirkan sebelum membawa pulang anjing dari toko hewan peliharaan atau tempat penampungan!

Memikirkan berbagai hal sebelum kita membawa pulang anjing dapat memastikan bahwa ke depannya anda dan anjing akan bahagia hidup berdampingan serumah.

Baca Juga :  4 Tips Memelihara Anjing dan Kucing Bersamaan

Tentunya, kita sebaiknya meminta persetujuan dari anggota keluarga lainnya yang serumah. Agar mereka tidak terganggu dengan kehadiran hewan peliharaan baru.