fbpx
Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Khawatir Naik Lagi

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Khawatir Naik Lagi

Dalam proses menurunkan berat badan, tidak pernah ada istilah mudah. Oleh karena itu, ketika penunjuk pada timbangan bergerak ke kiri pasti akan merasa senang dan puas, karena usaha dan pengorbanan yang telah dilakukan menunjukkan hasil.

Sayangnya, tidak butuh waktu lama bagi berat badan untuk kembali naik ke angka semula atau bahkan lebih. hal itu mungkin bukan sepenuhnya kesalahan kita. Berat badan yang kembali naik menunjukkan bahwa badan berusaha untuk menjaga beratnya konsisten di angka sebelum diet.

Para ahli ingin tahu mengapa sebanyak 80 hingga 95 persen pelaku diet mendapatkan kembali berat badan yang mereka coba diturunkan.

Pelakunya adalah “weight set point“- berat badan yang dikendalikan oleh tubuh. Weight set point ini merupakan kombinasi dari beberapa faktor, termasuk genetika, hormon, perilaku dan lingkungan.

Weight set point dan metabolisme adalah rekan satu tim, karena metabolisme tubuh kita membakar energi untuk mempertahankan weight set point, meskipun pada angka yang tidak sehat.

Baca Juga :  7 Cara Paling Efektif Berhenti Merokok Meski Kecanduan

Namun kita tak perlu khawatir. KulikMedia akan membagikan sejumlah cara efektif untuk menurunkan berat badan. Simak sampai tuntas ya!

Cara menurunkan berat badan tanpa khawatir naik lagi

Berikut rekomendasikan dari para ahli tentang cara menurunkan berat badan dan mempertahankan kondisi yang baik, dengan fokus pada empat aspek berikut:

1. Olahraga 30 menit sehari

Jika kita tidak berkeringat, sangat sulit untuk menurunkan berat badan. Sangat direkomendasikan bagi kita untuk memprioritaskan olahraga setiap hari. Kita dapat melakukan 30 menit latihan kardio dan 30 menit latihan kekuatan.

2. Pilih makanan yang bergizi

Makan lebih banyak buah dan sayuran rendah kalori dapat membantu perut cepat terisi, sehingga menekan keinginan untuk makan makanan tidak sehat lainnya.

Direkomendasikan bagi kita untuk menambahkan lebih banyak sayuran ke dalam porsi makan harian. Isi dapur dengan banyak buah dan sayuran!

Baca Juga :  Ngantuk Saat Kerja, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini!

3. Tidur yang cukup

Kita juga memerlukan tidur yang cukup agar bisa mendapatkan kembali energi keesokan harinya.

Kita harus membiarkan tubuh memperbaharui dirinya sendiri melalui tidur. Biarkan otot recharge dan pulih keesokan harinya.

4. Jauhi stres

Stres tidak hanya menyebabkan beberapa orang makan lebih banyak, tetapi juga meningkatkan kadar hormon stres kortisol.

Jika kita memiliki lebih banyak hormon kortisol, itu akan menyebabkan kadar insulin lebih tinggi dan menurunkan kadar gula darah.

Jika kita mulai mengidam makanan, cobalah bermeditasi atau berbicaralah dengan teman terpercaya.