fbpx
Cara Cek Daerah yang Sudah Ada Sinyal TV Digital

Cara Cek Daerah yang Sudah Ada Sinyal TV Digital

Pemerintah secara bertahap akan menutup siaran TV analog. Suka atau tidak suka, kita semua harus menghentikan siaran analog dan beralih ke siaran digital. Sambil bersiap-siap, coba cek apakah daerah kita sudah ada siaran TV digital atau belum.

Untuk mengetahui daerah yang sudah menerima siaran TV digital atau belum, pastikan TV sudah mendukung siaran TV digital. Ada dua cara melakukannya, yakni melalui website Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan melalui aplikasi Sinyal TV Digital.

Begini Cara Cek Daerah Yang Sudah Ada Sinyal TV Digital atau Belum

Setiap daerah memiliki jadwal siaran TV digital yang berbeda-beda. Untuk mengetahui jadwal berdasarkan lokasi kita, cara cek sinyal TV digital berdasarkan daerah bisa dilakukan melalui laman resmi Kominfo. Silakan klik link berikut ini: https://siarandigital.kominfo.go.id.

Selain itu, kitadapat mengecek cakupan siarannya di aplikasi Android dan iOS yang dinamai “Sinyal TV Digital” untuk daerah masing-masing di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Sebaiknya TV Layar Datar Ditaruh di Meja atau Dinding?

Melalui aplikasi Sinyal TV Digital, kita dapat mengetahui apakah sinyal TV digital lemah, buruk atau hilang sama sekali. Kita juga akan mendapatkan fitur detail tentang sinyal TV dan dapat memeriksa jangkauan saluran TV digital di aplikasi tersebut.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital untuk mengecek apakah sinyal saluran TV digital sudah ada di daerah kita:

  • Unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Google Play Store atau Apple Store.
  • Setelah proses install aplikasi Sinyal TV Digital berhasil, buka aplikasi tersebut dan izinkan akses ke lokasi kita.
  • Tampilan aplikasi akan langsung berubah menjadi peta berdasarkan lokasi kita.
  • Pilih menu “Legend” di pojok kiri bawah. Menu ini memberikan informasi tentang lokasi sinyal TV terburuk hingga terapik sesuai warna yang dimunculkan pada peta.

Dengan membaca peta sebaran pemancar sinyal TV digital di seluruh Indonesia, masyarakat dapat mengecek apakah saluran TV digital di daerahnya tersedia atau belum melalui aplikasi Sinyal TV Digital.

Sinyal TV digital sangat cocok digunakan sebelum memutuskan untuk membeli TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

Baca Juga :  Ini Syarat Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis

Untuk diketahui, pemerintah menargetkan siaran TV analog ‘disuntik mati’ secara keseluruhan pada 2 November 2022. Jadi, tidak ada salahnya mulai sekarang kita bersiap-siap untuk migrasi ke siaran TV digital.