fbpx
Jawa Tengah Buka 50.000 Lowongan Kerja, Cek di Sini!

Jawa Tengah Buka 50.000 Lowongan Kerja, Cek di Sini!

Perusahaan padat karya di Jawa Tengah menyediakan ribuan lowongan kerja bagi lulusan sekolah dasar (SD) hingga sarjana (S1).

Pencari kerja yang berminat dapat mengunjungi platform yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yaitu aplikasi E-Makaryo.

Caranya cukup dengan memasukkan E-Makaryo pada mesin pencari di ponsel atau komputer Anda, dan aplikasi ini akan muncul.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan alamat https://bursakerja.jatengprov.go.id/, kemudian membuat akun dan memilih pekerjaan dengan tingkat pendidikan yang sesuai.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah menyebutkan E-Makaryo telah diakses 140 ribu pencari kerja umum dan 5 ribu alumi Bursa Kerja Khusus.

Sementara itu, ada 700 pemberi kerja yang menggunakan platform ini, dengan jumlah sekitar 50.000 lowongan pekerjaan, dan dilamar oleh 35.000 orang.

Sakina Rosellasari, Kepala Disnakertrans Jawa Tengah mengatakan meski diterapkan PPKM, perusahaan padat karya justru membuka lowongan pekerjaan.

Hal ini karena permintaan produk dari luar negeri terus mengalir, sehingga perusahaan padat karya tetap beroperasi sesuai protokol kesehatan.

Baca Juga :  16 Lowongan Kerja Terbaru, Ada Untuk Lulusan SMK

Meski terdampak PPKM, perusahaan padat karya di Jawa Tengah membuka banyak lowongan kerja. Hal ini tidak terlepas dari faktor ‘kebanjiran order’ dari sejumlah negara di luar Indonesia.

Sakina mencontohkan beberapa perusahaan yang banyak membuka lowongan pekerjaan, yaitu perusahaan alas kaki yang mengekspor produknya ke Eropa dan Asia.

Selain itu, ada perusahaan apparel, tekstil dan pakaian dalam (underware) yang juga kebanjiran order dan membutuhkan jumlah pekerja yang banyak.

Oleh karenanya, Sakina meminta warga lekas-lekas membuka aplikasi E-Makaryo untuk mengetahui info lowongan kerja yang tersedia.

Diketahui, E-Makaryo adalah hasil pengembangan dari bursa kerja online yang dimulai pada tahun 2005.

Aplikasi berbasis web ini dibuat sesederhana mungkin sehingga semua orang dapat mengaksesnya.

Sakina menjelaskan dengan adanya pembatasan kegiatan masyarakat, E-Makaryo bertujuan agar pencari kerja tetap terhubung dengan penyedia kerja.

Melalui aplikasi ini, ia berharap dapat mengurangi pengangguran terbuka di Jawa Tengah.

Sakina menegaskan angka penganggungan terbuka di Jawa Tengah selama pandemi mengalami fluktuatif. Menurut data termutakhir, tepatnya pada triwulan pertama 2021, pengangguran di Jawa Tengah mencapai 1,1 juta orang.

Baca Juga :  Cara Daftar Kurir Anteraja dan Tahapan Sampai Diterima

Ayo segera buka aplikasi E-Makaryo dan lamar pekerjaan sesuai minat Anda! Semoga keberuntungan berpihak kepada Anda.