fbpx
6 Cara Menjaga Kesehatan Telinga, Hindari Cotton Bud

6 Cara Menjaga Kesehatan Telinga, Hindari Cotton Bud

Data World Health Organization (WHO) tahun 2018 menunjukkan bahwa 6,1% persen populasi dunia menderita gangguan pendengaran. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kondisi ini, di antaranya mendengarkan kebisingan yang terlalu lama, gangguan sejak lahir, proses penuaan dan ada benda asing yang masuk ke telinga.

WHO memperkirakan bahwa sejumlah besar orang dengan gangguan pendengaran akan berdampak buruk pada sektor ekonomi. Negara dapat merugi hingga 750 miliar dolar AS setiap tahun.

Oleh karena itu, untuk menghindari gangguan pendengaran, penting untuk menjaga kesehatan telinga.

Cara menjaga kesehatan telinga

Agar telinga tetap sehat, kita perlu melakukan beberapa langkah yang tepat secara teratur. Di antaranya sebagai berikut:

1. Bersihkan telinga dengan benar

Anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian dalam, tengah dan luar. Semua bagian ini memiliki fungsinya masing-masing, sehingga kita dapat mendengarkan suara dengan baik.

Baca Juga :  Waspada! Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebihan

Saat membersihkan telinga, yang terbaik adalah membersihkan bagian luar saja. Sebab, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri. Adanya bulu halus dan bentuknya yang bersudut dapat mencegah kotoran berlebih masuk ke dalam telinga.

2. Hindari cotton bud

Salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan saat membersihkan telinga adalah menggunakn cotton bud. Sayangnya, kegiatan ini sebenarnya bukan hal yang baik.

Sebab,membersihkan telinga dengan cotton bud dapat mendorong kotoran telinga ke bagian dalam telinga, memungkinkannya mengendap ke dalam. Karena itu, kita hanya perlu membersihkan daun telinga.

3. Hindari mendengarkan suara keras

Untuk menjaga telinga tetap sehat, harap jauhkan telinga dari suara bising yang terlalu lama. Karena terlalu lama berada di lingkungan bising akan memengaruhi pendengaran, termasuk gangguan pendengaran hingga ketulian.

Jika kita harus bekerja di lingkungan yang bising, seperti bekerja di pabrik, kita disarankan untuk memakai pelindung telinga.

4. Hindari menggunakan earphone

Suara bising tidak hanya berasal dari lingkungan sekitar, tetapi juga dari penggunaan earphone. Aktivitas mendengarkan musik pada alat pendengar semacam itu memang sudah menjadi tren, namun penggunaan earphone dapat menyebabkan masalah pada telinga.

Baca Juga :  Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Khawatir Naik Lagi

Agar aman, yang terbaik adalah tidak menggunakan earphone selama lebih dari satu jam. Jangan lupa untuk mengatur volume agar tidak melukai telinga jika suaranya terlalu keras.

5. Jaga agar telinga tetap kering

Kelembaban yang berlebihan di telinga dapat menyebabkan bakteri masuk ke saluran telinga. Keadaan ini tanpa disadari akan menyebabkan infeksi dan iritasi pada telinga.

Karena itu, selalu jaga telinga tetap kering. Jika kita suka berenang, sebaiknya gunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke telinga.

6. Periksa ke dokter secara teratur

Selain pemeriksaan kesehatan tubuh, pemeriksaan kesehatan telinga juga perlu dilakukan secara rutin. Alasannya adalah semakin tua usia, semakin besar kemungkinan mengalami gangguan pendengaran.