fbpx
4 Obat Alami Penambah Nafsu Makan, Terbukti Efektif!

4 Obat Alami Penambah Nafsu Makan, Terbukti Efektif!

Menurunnya nafsu makan dalam jangka panjang akan menurunkan berat badan, meningkatkan risiko penyakit dan menurunkan kualitas hidup.

Alasan mengapa orang tidak nafsu makan biasanya berasal dari faktor-faktor seperti penuaan, stres psikologis dan penyakit tertentu.

Perlu diketahui bahwa penambah nafsu makan adalah obat-obatan, suplemen, vitamin atau mineral tertentu yang digunakan untuk meningkatkan selera makan.

Namun, penggunaan obat perangsang nafsu makan dirisaukan akan menimbulkan efek samping tertentu. Tak pelak, banyak orang beralih ke bahan alami yang diyakini memiliki efek samping lebih sedikit.

Bagi yang sedang mencari obat perangsang nafsu makan, berikut beberapa zat yang berpotensi untuk penambah nafsu makan secara alami:

1. Zinc

Saat kita merasa kehilangan nafsu makan, bisa jadi tubuh kita kekurangan zinc. Karena selain berfungsi mengikat protein, zinc juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan.

Menurunnya nafsu makan ini sebenarnya berbahaya, karena kebutuhan nutrisi tubuh tidak dapat terpenuhi dengan baik dan mudah sakit.

Baca Juga :  4 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Asam Urat

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang menjalani cuci darah akibat gagal ginjal dan mendapatkan suplemen zinc selama 60 hari memiliki nafsu makan yang meningkat dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi suplemen zinc setiap hari.

Kebutuhan manusia akan zinc berbeda-beda. Pria biasanya lebih membutuhkan lebih banyak daripada wanita. Nah, zinc bisa didapatkan dari sumber alami hewani dan tumbuhan, seperti daging merah, daging unggas, seafood, tiram, produk susu, kacang-kacangan dan biji labu kuning.

Beberapa sayuran hijau seperti bayam, asparagus, basil, brokoli dan kacang polong juga merupakan pilihan yang baik.

2. Vitamin B1

Kekurangan vitamin B1 dalam tubuh dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Tidak hanya itu, penurunan berat badan dan peningkatan pengeluaran energi juga merupakan efek dari kekurangan vitamin ini.

Penuhi kebutuhan vitamin B1 dengan mengonsumsi sereal, biji-bijian, telur, susu, sayuran hijau dan makanan lainnya. Tetapi makanlah dalam jumlah sedang karena terlalu banyak vitamin B1 dalam tubuh dapat menyebabkan gejala seperti diare, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.

Baca Juga :  5 Tips Ampuh Mengurasi Nafsu Makan, Terapkan!

3. Rempah-rempah

Rempah-rempah seperti kayu manis, jahe dan merica juga bisa merangsang nafsu makan. Bagaimana bisa?

Rempah-rempah tertentu diketahui dapat mengurangi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan.

Bumbu masakan ini juga membantu menghasilkan empedu yang penting untuk mencerna lemak. Beberapa rempah- rempah yang dapat meningkatkan nafsu makan antara lain:

  • adas,
  • peppermint,
  • lada hitam,
  • kayu manis, dan
  • ketumbar.

Kita dapat menambahkan rempah-rempah sebagai bumbu penyedap masakan atau dalam bentuk teh.

4. Makanan pahit

Ternyata, makanan pahit seperti pare bisa menambah nafsu makan. Sebuah studi di Amerika Serikat membuktikan hal ini.

Para peneliti dalam studi tersebut menyebutkan bahwa mengaktifkan reseptor rasa pahit dapat merangsang sekresi ghrelin. Ghrelin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menghasilkan rasa lapar.

Tak berhenti sampai di sini, makanan pahit juga bisa melancarkan peredaran darah di organ perut. Hal ini dapat meningkatkan aktivitas saraf yang mengontrol rasa. Tidak heran jika makanan pahit ini bisa merangsang nafsu makan, antara lain:

  • brokoli,
  • pare,
  • daun pepaya,
  • terong, dan
  • kubis.
Baca Juga :  Ternyata Amandel Bisa Diobati dengan 7 Cara Alami Ini