fbpx
Ini Asuransi Mobil yang Tepat Saat Pandemi Menurut Ahli

Ini Asuransi Mobil yang Tepat Saat Pandemi Menurut Ahli

Akibat pandemi yang tak kunjung selesai, banyak kendaraan yang hanya ‘diparkir’ di garasi rumah.

Namun, meski mobil jarang digunakan, bukan berarti mengabaikan pentingnya asuransi. Tidak ada jaminan bahwa mobil yang jarang digunakan aman dari tindakan kejahatan seperti pencurian atau rusak dalam suatu kecelakaan.

Asuransi mobil setidaknya bisa memberikan rasa tenang bagi pemilik mobil saat memarkir mobil di garasi. Bahkan jika hilang, pemilik mobil juga dapat menarik uang pertanggungan dari asuransi.

Jika mobil jarang digunakan, ada beberapa pilihan asuransi. Asuransi Total Loss Online (TLO) dapat menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki budget terbatas dan premi lebih rendah dari All Risk. Namun, jika mobil hilang, dicuri atau rusak parah, pemilik dapat mengajukan klaim.

Kerusakan parah sekurang-kurangnya harus 75 persen. Kerusakan 75 persen sengaja dijadikan sebagai patokan karena dapat ditentukan kendaraan tidak bisa digunakan lagi.

Pada intinya, cara kerja asuransi kendaraan TLO adalah jika kendaraan mengalami kecelakaan dan kerusakan melebihi 75 persen, kendaraan terbakar, atau hilang karena dicuri atau disita paksa, kerugian tersebut dapat ditanggung.

Baca Juga :  Inilah Daftar 20 Mobil Paling Laku di Indonesia

Artinya, jika kendaraan yang diasuransikan dengan perlindungan asuransiTLO mengalami kerusakan ringan, seperti goresan pada bodi, kaca spion pecah atau kerusakan ringan lainnya, pemilik tidak dapat menuntut ganti rugi.

Selain asuransi, disarankan agar pemilik mobil menyiapkan dana darurat. Pasalnya bagaimanapun juga, mobil membutuhkan perawatan. Untuk memudahkan pengalokasian dana sebaiknya dipisahkan, termasuk biaya operasional bulanan dan tahunan.

Misalnya, kita dapat mengalokasikan biaya BBM, parkir dan tol sebagai biaya operasional bulanan. Adapun biaya operasional tahunan dapat dialokasikan untuk pajak tahunan, servis mobil dan asuransi yang nominalnya berkisaran 8 juta rupiah.

Selain keuntungan yang disebutkan di atas, memiliki asuransi kendaraan juga dapat menjaga aset berharga kita di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.

Dengan asuransi kendaraan, kita bisa menjamin perlindungannya. Karena itu, pemilik mobil tidak perlu mengeluarkan uang untuk menanggung risiko kecelakaan, kerusakan parah atau bahkan kehilangan.

Originally posted 2021-08-19 16:27:29.