fbpx
Ini Panduan Membeli Saham yang Menguntungkan

Ini Panduan Membeli Saham yang Menguntungkan

Saham merupakan salah satu alat investasi paling populer. Pasalnya, dalam jangka panjang, saham merupakan alat investasi yang sangat menguntungkan.

Namun, banyak orang yang merasa investasinya di pasar modal gagal. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan, terutama pengetahuan yang berkaitan dengan saham.

Berikut kami paparkan cara memilih saham bagi pemula:

1. Pelajari dan pahami ilmu dasar saham

Satu hal penting yang harus kita lakukan sebelum membeli saham adalah mempelajari dan memahami apa itu saham dan bagaimana mekanisme saham dijalankan. Hal ini penting dan tidak boleh diabaikan, karena hanya akan membingungkan kita saat ingin mengambil keputusan nantinya.

Kita juga perlu memahami manfaat dan risiko yang biasanya terjadi dalam investasi saham, agar dapat lebih mempersiapkan diri terhadap apa yang terjadi di masa depan. Mengingat semakin besar keuntungan maka semakin besar pula risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga :  Kiat Sukses Main Trading Forex yang Menguntungkan

2. Menentukan perusahaan sekuritas

Sebelum membeli saham, perlu ditentukan perusahaan sekuritas mana yang akan berperan sebagai perantara dalam transaksi saham. Hal ini karena perusahaan efek bertindak sebagai perantara untuk membeli dan menjual saham di BEI dan membantu pembukaan rekening saham. Oleh karena itu, pastikan kita memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya.

3. Mulai memilih saham

Selanjutnya, kita dapat menentukan saham yang ingin dibeli. Namun, sebelum membeli saham, jangan lupa untuk memilih jenis saham yang paling menguntungkan.

Umumnya, investor pemula akan memilih saham blue chip yang lebih stabil dan ‘tidak rentan’ terhadap risiko kebangkrutan. Namun, harga saham ini biasanya tinggi. Karena itu, kita harus mempertimbangkan apakah akan mulai berinvestasi dengan modal minimalis atau maksimalis.

4. Lakukan pembelian saham

Setelah menentukan saham yang ingin dibeli, kita dapat melalukan transaksi saham melalui broker atau aplikasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan kita melakukan transaksi ini dengan aman dan memilih platform atau broker yang terpercaya.

Baca Juga :  Daftar Aplikasi Investasi Terbaik, Cocok untuk Pemula

5. Selalu monitor pasar

Setelah berhasil membeli saham, kembangkan kebiasaan untuk mengamati pasar. Karena perdagangan saham di pasar biasanya sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi, politik, keamanan dan berbagai faktor lainnya. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memantau pasar saham secara berkala.

Selain itu, kita juga harus belajar memerhatikan naik turunnya harga saham agar bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham. Sehingga, kita bisa mengetahui kapan harus membeli dan menjual saham untuk mendapatkan keuntungan paling banyak.

Originally posted 2021-08-18 12:30:09.