fbpx
Ini Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Ini Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Lidah buaya adalah tanaman sukulen dari genus Aloe yang tumbuh subur di iklim tropis.

Lidah buaya telah digunakan sebagai tanaman obat selama berabad-abad. Biasanya lidah buaya digunakan sebagai obat luka bakar. Selain itu, lidah buaya memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Inilah tujuh manfaat utama lidah buaya untuk kesehatan yang harus kita ketahui:

1. Mengatasi kulit kering

Mengoleskan lidah buaya ke kulit dapat membantu merawat kulit kering. Pasalnya, lidah buaya mengandung mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C dan E yang semuanya membantu memperkuat lapisan pelindung kulit dan membuat kulit lebih lembap.

2. Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya berpotensi menjadi obat diabetes karena sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga :  6 Obat Alami Darah Tinggi yang Bisa Anda Coba

Akan tetapi, penggunaan lidah biaya harus hati-hati, karena jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, gula darah akan turun drastis yang justru membahayakan kesehatan.

3. Mencegah plak gigi

Berkumur dengan lidah buaya bisa mengurangi risiko plak gigi.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Ethiopian Journal of Health Sciences menunjukkan bahwa berkumur dengan ‘jus’ lidah buaya dapat mencegah pembentukan plak gigi.

4. Menyembuhkan luka bakar

Getah gel lidah buaya bersifat antiseptik dan dingin. Inilah alasan mengapa lidah buaya dianggap efektif untuk mengobati luka bakar.

Selain itu, lidah buaya dapat merangsang pembentukan jaringan sel kulit baru.

5. Meringankan sariawan

Mengoleskan lidah buaya pada sariawan dipercaya dapat membantu mempercepat penyembuhan. Namun, lidah buaya tidak lebih efektif daripada obat sariawan yang bisa kita beli di apotek.

6. Mengatasi gejala GERD

Manfaat lidah buaya juga berpotensi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Secara khusus, jus lidah buaya dapat membantu meringankan gejala penyakit GERD seperti mual, bersendawa dan mulas.

Baca Juga :  Katanya Madu Nggak Bisa Basi, Benar Nggak Sih?

7. Bersifat antioksidan dan antibakteri

Antioksidan sangat penting untuk kesehatan. Gel lidah buaya mengandung antioksidan kuat yang disebut polifenol.

Bersamaan dengan senyawa lainnya, polifenol membantu menghambat pertumbuhan bakteri tertentu yang dapat menyebabkan infeksi.

Pada intinya, lidah buaya memiliki beragam khasiat kesehatan. Kita dapat memanfaatkan jenis tanaman sukulen ini untuk menjaga kebugaran tubuh.