fbpx
Ragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Keseimbangan asupan makanan bergizi dan buah-buahan diperlukan dalam menjalankan program menurunkan berat badan.

Di antara sekian banyak buah, buah kiwi bermanfaat untuk diet karena merupakan sumber vitamin, serat dan mineral yang penting.

Dari segi manfaat, buah kiwi sangat cocok dikonsumsi saat berdiet karena memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap.

Nutrisi yang terkandung dalam kiwi sangat baik untuk tubuh, di antaranya vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam folat dan serat yang tinggi.

Lantas, apa saja manfaat buah kiwi untuk diet? Apakah cukup besar untuk memengaruhi penurunan berat badan? Berikut KulikMedia paparkan penjelasan selengkapnya.

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah kiwi dipercaya dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan, termasuk lactobacilli dan bifidobacteria. Selain itu, enzim proteolitik berupa actinidin pada buah kiwi dapat membantu proses penguraian protein dalam sistem pencernaan.

Baca Juga :  4 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Asam Urat

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah kiwi dikaitkan dengan kandungan vitamin C-nya. Seperti yang kita ketahui bersama, vitamin C memiliki antioksidan yang dapat menghancurkan rantai radikal bebas dan melawan kerusakan yang ditimbulkannya.

Karena buah kiwi mengandung vitamin C yang tinggi, buah ini dianggap sebagai buah yang dapat langsung melengkapi kebutuhan vitamin C harian. Apalagi vitamin C berperan penting dalam meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

3. Menyehatkan kulit

Pada buah kiwi, kandungan vitamin C yang tinggi juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang merupakan komponen penyusun sel kulit.

Kolagen dapat meningkatkan elastisitas kulit, menjaga kelembapan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus.

Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin E berupa tocopherol.

Vitamin E adalah antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas berbahaya dan kerusakan akibat sinar matahari.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi buah kiwi dapat mengatasi gangguan tidur pada orang dewasa. Khasiat ini dipercaya berasal dari antioksidan dan serotonin yang terkandung dalam buah kiwi.

Sebuah studi mempelajari orang dewasa berusia 20-55 dengan ketidakteraturan tidur.

Baca Juga :  Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Dalam 4 minggu, para peserta diminta untuk makan 2 buah kiwi satu jam sebelum tidur.

Di akhir penelitian, diketahui bahwa mengonsumsi buah kiwi dapat membuat peserta lebih mudah tertidur dan memperpanjang durasi tidur.

5. Mencegah diabetes

Seperti buah-buahan lainnya, gula alami dalam kiwi membantu mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan rasa manis.

Indeks glikemik buah kiwi yang rendah tidak menyebabkan kadar insulin melonjak. Mengatur kadar gula darah menjadi penting karena, terutama bagi penderita diabetes.