fbpx
5 Cara Cepat Berhenti Merokok Meski Sudah Candu

5 Cara Cepat Berhenti Merokok Meski Sudah Candu

Seperti yang kita ketahui, merokok dapat membahayakan kesehatan. Rokok mengandung berbagai zat kimia berbahaya. Bagi yang masih merokok, kita perlu tahu cara menghentikan kebiasaan buruk ini.

Perokok berisiko terkena berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan jantung.

Namun, bukan hanya perokok saja yang berisiko terkena berbagai penyakit, namun orang-orang di sekitarnya yang disebut perokok pasif juga memiliki risiko yang sama.

Ada banyak faktor yang biasanya membuat orang ingin merokok, seperti mengalami stres dan faktor lingkungan.

Perokok harus segera berhenti kebiasan ini dan memulai hidup sehat. Jika kita adalah salah satunya, mungkin kita butuh bantuan tentang bagaimana  cara efektif berhenti merokok.

Nah, ada beberapa cara ampuh yang bisa kita coba untuk berhenti merokok. Harus ditekankan bahwa tidak ada kata terlambat, kita bisa memulainya sesegera mungkin!

Berikut sejumlah cara efektif berhenti merokok versi KulikMedia:

1. Kelola stres

Stres mungkin menjadi salah satu alasan seseorang memilih untuk merokok karena kandungan nikotinnya dapat dengan cepat memberikan efek relaksasi. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa merokok sebenarnya membuat orang lebih rentan terhadap stres.

Untuk menghilangkan stres, ubah perlahan kebiasaan merokok dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, melakukan terapi pijat,atau meditasi. Selain itu, cobalah untuk menghindari situasi yang dapat menyebabkan stres sebisa mungkin.

2. Bersihkan rumah secara teratur

Kebersihan rumah juga bisa menjadi salah satu faktor yang mendukung kita untuk berhenti merokok. Kita bisa mencuci baju, sprei, karpet atau gorden yang berbau rokok.

Kita juga bisa menggunakan pengharum ruangan untuk menghilangkan bau asap rokok, sehingga kita bisa melupakan hal-hal yang mengingatkan pada rokok, termasuk baunya.

3. Makan makanan sehat

Apa hubungan antara berhenti merokok dan makan? Cara berhenti merokok melalui pola sehat juga sama pentingnya dengan cara-cara di atas.

Rata-rata orang dengan kebiasaan merokok akan merasa tidak nafsu makan karena efek nikotin rokok mengganggu indera perasa.

Baca Juga :  7 Cara Paling Efektif Berhenti Merokok Meski Kecanduan

Saat kita berhenti merokok, pola makan sehat bisa menjadi langkah untuk mengisi kembali nutrisi penting bagi tubuh. Tidak hanya itu, makanan sehat dapat mengingatkan kita untuk menjalani gaya hidup sehat.

4. Olahraga rutin

Olahraga dapat membantu mengurangi dan ‘membubarkan’ hasrat atau keinginan kita untuk merokok. Saat ingin merokok, kenakan sepatu kets kita dan mulailah melakukan beberapa kegiatan olahraga, seperti berlari atau berjalan atau bahkan berenang. Mengambil kelas kebugaran dengan orang-orang sehat juga dapat membantu.

5. Cari kesibukan setelah makan malam

Kebiasaan paling umum yang dilakukan kebanyakan perokok adalah merokok setelah makan. Bahkan, biasanya mereka tidak menyadari bahwa mereka telah banyak merokok.

Untuk menghindarinya, kita bisa mencari alternatif kegiatan lain setelah makan, salah satunya adalah dengan mengunyah permen karet sebagai pengganti rokok.