fbpx
4 Cara Efektif Mengecilkan Perut, Ini Rahasianya

4 Cara Efektif Mengecilkan Perut, Ini Rahasianya

Apakah anda memiliki perut yang besar? Jika iya, maka cara mengecilkan perut perlu segera dicoba. Perut yang besar tidak hanya memperburuk penampilan, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Perut besar akan memengaruhi risiko penyakit jantung dan diabetes. Ada sejumlah cara efektif untuk mengecilkan perut yang perlu anda coba.

Agar hasilnya lebih maksimal, tidak ada salahnya mendiskusikan cara-cara berikut ini dengan dokter. Apalagi jika kita memiliki kondisi kesehatan khusus. Konsultasi dengan dokter akan memudahkan kita untuk menentukan diet sehat mana yang tepat untuk kondisi kita.

Berikut cara mengecilkan perut yang perlu kita coba:

1. Makan lebih banyak protein

Konsumsi protein adalah salah satu faktor utama dalam menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan protein sangat efektif dalam mengecilkan perut. Hasil analisis membuktikan bahwa responden yang mengonsumsi protein justru memiliki lemak perut yang lebih sedikit.

Baca Juga :  Penting! Ini 7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung

Selain untuk menurunkan berat badan, protein juga dapat mencegah penambahan berat badan. Cobalah untuk meningkatkan asupan makanan berprotein, seperti telur, ikan, kacang-kacangan, daging dan produk susu.

2. Makan makanan kaya serat

Makan makanan kaya serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah kita makan berlebihan. Penelitian juga menunjukkan bahwa satu jenis serat, yakni serat larut, sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Serat larut dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Serat larut ini membentuk gel ketika bersentuhan dengan air. Gel ini dapat meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan lambung. Serat larut hanya ditemukan dalam makanan nabati. Contohnya kacang-kacangan, asparagus, jeruk dan biji rami. Suplemen penurun berat badan yang disebut glukomanan juga tinggi serat kental.

3. Hindari minuman manis

Menghindari minuman dengan pemanis buatan bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut.

Minuman yang ditambah pemanis memng rasanya enak. Sayangnya, jenis minuman ini meningkatkan jumlah lemak di perut. Jangan minum minuman yang mengandung pemanis buatan, ganti dengan minum air putih atau jenis minuman sehat lainnya.

Baca Juga :  5 Cara Rumahan Mengatasi Tekanan Darah Rendah

4. Olahraga disiplin

Berolahraga secara rutin selama minimal 30 menit sehari adalah cara yang efektif untuk mengurangi lemak perut secara alami. Jenis olahraga yang bisa kita lakukan antara lain jalan kaki, jogging, aerobik, yoga, pilates dan latihan kardio.