fbpx
4 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Asam Urat

4 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Asam Urat

Jumlah asam urat dalam tubuh perlu kita kendalikan. Jika jumlahnya terlalu banyak, kita bisa saja mengalami banyak masalah kesehatan. Oleh karena itu, kita perlu segera mempraktikkan cara menurunkan asam urat.

Asam urat yang terlalu banyak dapat menumpuk di beberapa sendi tubuh. Misalnya sendi lutut, ibu jari dan pinggul. Jika dibiarkan, bagian tubuh tertentu akan meradang dan menimbulkan rasa sakit.

Agar jumlah asam urat tidak terlalu banyak, pola makan sehari-hari harus diatur dengan tepat. Kita dapat menurunkan asam urat dengan mengonsumsi empat jenis makanan ini.

1. Jahe

Jahe dikenal sebagai makanan yang bisa membantu meredakan persendian. Ternyata, makanan ini juga bisa menjadi obat alami penyakit asam urat. Jahe memiliki sifat anti inflamasi, sehingga dapat meredakan nyeri dan ketidaknyamanan akibat pembengkakan yang disebabkan asam urat. Kita bisa mengonsumsi jahe dengan meminum air rebusannya atau membuat teh jahe.

2. Lemon

Cara menurunkan asam urat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi lemon. Untuk hasil terbaik, coba campurkan setengah perasan lemon dengan segelas air hangat.

Baca Juga :  Daftar Makanan Anti-Inflamasi untuk Lawan Peradangan

Jangan lupa tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minum ramuan tersebut dua hingga tiga kali sehari.

3. Air putih

Disarankan agar setiap orang minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Di sisi lain, tahukah kita bahwa minum banyak air adalah cara alami yang efektif untuk mengobati asam urat?

Sebagai penjelasan, di dalam tubuh, air berperan sangat penting dalam mengangkut zat-zat beracun yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, termasuk asam urat yang berlebihan.

Inilah sebabnya mengapa para ahli percaya bahwa minum banyak air putih dapat membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Selain air, makan lebih banyak buah-buahan yang kaya air juga dapat memperlancar pengeluaran urat dalam tubuh.

4. Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran rumahan yang paling efektif untuk mengobati masalah kandung kemih dan asam urat. Terutama ekstrak biji seledri, yang telah menjadi populer sebagai pengobatan tradisional untuk asam urat.

Baca Juga :  Ini Ragam Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa seledri yang dikonsumsi secara teratur setiap hari dapat mengurangi peradangan sendi. Kita bisa mengonsumsinya dengan cara langsung dikunyah mentah, dalam bentuk jus atau lainnya.