fbpx
4 Cara Efektif Mengatasi Daun Aglonema Mengerdil

4 Cara Efektif Mengatasi Daun Aglonema Mengerdil

Daun aglonema yang mengerdil atau mengecil merupakan salah satu masalah yang dapat menyerang semua jenis tanaman aglonema.

Saat daun aglonema mengerdil, tentu saja dapat merusak estetika dan nilai jual menurun. Ada beberapa hal dapat menyebabkan daun aglonema mengerdil.

Berikut sejumlah penyebab daun aglonema mengerdil dan cara mengatasinya.

1. Kerusakan akar yang disebabkan oleh jamur

Faktor pertama yang menyebabkan daun aglonema mengerdil adalah kerusakan pada akar tanaman. Hal ini mungkin karena adanya jamur yang hidup pada akar aglonema.

Akibatnya, distribusi nutrisi pada tanaman tidak merata. Dengan kata lain, daun tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membongkar tanaman aglonema, dimulai dari pot kemudian dilanjutkan ke media tanam.

Kerusakan pada akar pasti akan membusukkan bagian akar itu sendiri. Karena itu, kita bisa memotong akarnya dan memasukkan media tanam baru ke dalam pot.

Baca Juga :  3 Cara Alami Mengkilapkan Daun Aglonema, Mudah!

Perlu kita ketahui bahwa akar tanaman memegang peranan penting, yaitu untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan daun. Selain jamur, umur akar yang belum matang juga dapat menjadi faktor penyebab daun aglonema mengecil.

2. Kurang unsur hara

Faktor penyebab kedua adalah kurangnya unsur hara pada tanaman. Seperti yang kita ketahui bersama, unsur hara merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap tanaman.

Tanaman membutuhkan berbagai unsur hara, seperti kalium, fosfor, sulfur, magnesium dan lainnya.

Bila salah satu zat tersebut tidak terpenuhi, maka akan merusak sistem anatomi yang ada pada aglonema. Salah satu efeknya adalah daun aglonema mengerdil. Oleh karenanya, penuhi unsur hara aglonema dengan baik.

3. Muncul bunga

Aglonema dewasa biasanya akan tumbuh bunga di atasnya. Namun pada saat tumbuh bunga, semua nutrisi akan diarahkan ke bunga, sehingga daun aglonema tidak mendapatkan nutrisi dan mengerdil.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memetik bunga yang tumbuh di pucuk aglonema agar suplai nutrisi ke daun kembali normal.

Baca Juga :  5 Tanaman Pisang-pisangan Ini Bisa Percantik Rumah

4. Akar sedikit

Daun aglonema yang mengerdil juga bisa disebabkan oleh masalah akar yang sedikit, terutama pada aglonema yang belum berumur dewasa.

Akar berperan penting dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan daun aglonema agar tumbuh lebih baik dan besar. Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu menggunakan rapid root untuk mendukung perakaran aglonema.