fbpx
4 Makanan Penambah Darah Bagi Penderita Hb Rendah

4 Makanan Penambah Darah Bagi Penderita Hb Rendah

Salah satu cara mengatasi kadar hemoglobin atau Hb yang rendah adalah dengan mengonsumsi makanan penambah darah.

Kondisi Hb yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, lemas, sesak napas, sakit kepala dan lainnya.

Hemoglobin adalah protein sel darah merah yang dapat digunakan untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Kadar Hb pria dewasa yang rendah biasanya kurang dari 13,5 g/dL. Sedangkan kadar Hb wanita dewasa yang rendah biasanya kurang dari 12 g/dL.

Keluhan umum hemoglobin rendah meliputi:

  • Detak jantung tidak beraturan
  • Kulit wajah pucat
  • Kelelahan
  • Badan terasa lemah
  • Sakit kepala

Kekurangan hemoglobin dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan darah Hb. Berikut makanan yang cocok untuk penderita hemoglobin rendah:

1. Makanan mengandung asam folat

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang mana tubuh membutuhkannya untuk memproduksi sel darah merah. Jika kandungan folat dalam tubuh rendah maka kadar Hb juga akan menurun. Oleh karena itu, makanan seperti kacang-kacangan, pisang, brokoli, hati, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya sangat dianjurkan.

Baca Juga :  Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Tingkatkan Fungsi Otak

2. Makanan yang mengandung zat besi

Orang dengan hemoglobin rendah harus makan makanan yang mengandung zat besi. Hal ini karena zat besi dapat meningkatkan produksi hemoglobin dan sel darah merah.

Beberapa makanan mengandung zat besi, di antaranya: daging sapi, ikan, tofu dan edamame, telur, brokoli, bayam, kacang hijau dan selai kacang.

Kekurangan zat besi adalah penyebab umum hemoglobin rendah. Untuk pria berusia 19-50 tahun, asupan zat besi harian yang direkomendasikan adalah 8 miligram (mg). Sedangkan wanita berusia 19-50 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi 18 mg zat besi.

3. Makanan kaya vitamin C dan beta karoten

Mengonsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi secara optimal. Ketika zat besi diserap secara optimal, secara otomatis, produksi hemoglobin juga akan berjalan lancar. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsi jenis makanan ini serta konsumsi sumber zat besi.

Jenis makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk, stroberi, jambu biji, pepaya, kiwi dan sayuran hijau. Tidak hanya vitamin C, tubuh juga perlu membutuhkan beta karoten untuk menyerap lebih banyak zat besi.

Baca Juga :  Katanya Madu Nggak Bisa Basi, Benar Nggak Sih?

Asupan beta karoten dapat ditemukan pada buah dan sayuran berwarna merah, kuning dan oranye, seperti tomat, paprika, cabai, semangka dan wortel.

4. Makanan laut

Makan seafood juga bisa efektif meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Misalnya tuna, kerang, salmon dan sarden. Tapi ingat, jenis makanan ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Mengonsumsi terlalu banyak makanan laut tidak hanya akan menyebabkan tidak ada manfaat, tetapi akan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.