fbpx
Daftar Makanan yang Ampuh Mengurangi Peradangan

Daftar Makanan yang Ampuh Mengurangi Peradangan

Inflamasi atau peradangan merupakan respons tubuh terhadap infeksi virus, bakteri dan jamur. Peradangan juga terjadi ketika anggota badan, organ atau jaringan terluka.

Peradangan ditandai dengan munculnya beberapa gejala, seperti kemerahan di daerah yang meradang serta rasa sakit dan nyeri di area tersebut. Peradangan dapat diredakan dan disembuhkan dengan menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan.

Selain obat-obatan, beberapa makanan populer juga dapat membantu mengurangi peradangan. Makanan ini mudah ditemukan dan bisa dikonsumsi saat mengalami peradangan.

1. Sayuran segar

Jangan remehkan manfaat sayuran segar! Pasalnya, sayuran segar baik untuk kesehatan.

Sayuran tidak hanya baik untuk saluran pencernaan, tetapi juga membantu mengurangi peradangan. Bersihkan sayuran dan hindari cara memasak yang terlalu lama agar kandungannya tidak hilang.

2. Buah-buahan kaya antioksidan

Kita harus makan buah-buahan yang kaya antioksidan seperti apel, blueberry, ceri, nanas, raspberry dan stroberi daripada makanan ringan yang tinggi garam dan gula buatan.

Baca Juga :  4 Bahan Alami yang Terbukti Ampuh Turunkan Asam Urat

Aneka buah sebaiknya dimakan langsung, dan tidak boleh diolah menjadi jus dengan gula atau agar tidak mengurangi kandungan gizinya.

Dengan menjadikan buah-buahan ini sebagai menu camilan, kita akan terhindar dari kerusakan sel dan sendi yang semakin parah. Oleh karena itu, gejala nyeri dan bengkak dapat dikurangi.

3. Ikan

Jika radang sendi kambuh, sebaiknya ganti dulu asupan daging merah dengan ikan. Pasalnya, daging merah memiliki kandungan lemak dan garam yang lebih tinggi.

Kita bisa memilih salmon, kakap, tuna, kod, halibut dan ikan bass yang kaya akan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 dapar membantu mengurangi peradangan dan bermanfaat bagi kesehatan jantung.

4. Coklat

Makanan olahan yang terbuat dari buah kakao ini tidak hanya enak, tetapi juga baik untuk kesehatan. Kandungan flavonoid-nya dapat digunakan sebagai makanan anti inflamasi.

Namun, jika kita ingin menggunakan makanan ini untuk menghilangkan peradangan, pastikan coklat yang kita makan mengandung setidaknya 70 persen atau lebih kakao. Karena semakin tinggi kandungan kakao, semakin banyak manfaat yang kita dapatkan.

Baca Juga :  Ragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

5. Nasi

Kabar baik bagi pecinta nasi. Nasi mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, yang juga efektif mengurangi peradangan. Pilih beras yang kaya serat, seperti beras merah, beras cokelat dan quinoa.

Hindari makan nasi terlalu banyak karena bisa meningkatkan risiko diabetes.

Kata Kunci:Mengurangi peradangan