fbpx
Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi Manual

Tips Membeli Mobil Bekas Transmisi Manual

Anda pengin beli mobil bekas tranmisi manual? Perhatikan beberapa hal berikut ini untuk memastikan mobil bekas yang anda beli betul-betul masih dalam keadaan baik.

Salah satu komponen penting yang harus dicek sebelum memutuskan membeli mobil bekas adalah transmisi. Secara khusus, mobil bertransmisi manual dapat diperiksa dengan berbagai cara teknis, yang mungkin tidak terlalu rumit bagi orang awam.

Syarat utama membeli mobil bekas adalah test drive. Anda bisa mengetahui apakah ada masalah dengan transmisi manual (misalnya) dengan mengukur kecepatan respon perpindahan gigi.

Contohnya, saat kita menginjak pedal gas, mesin menderu, tetapi mobil tidak bisa melaju dengan normal atau cenderung lambat. Keadaan ini mungkin terjadi pada transmisi manual di mana komponen pelat kopling sudah sangat tipis.

Ini berarti pemeriksaan lebih lanjut diperlukan, dan perlu dipahami biaya perbaikan akan menghabiskan banyak uang. Cek juga beberapa hal ini!

1. Susah pindah gigi

Masalah pada transmisi manual bisa juga terasa ketika kita kesulitan melakukan perpindahan gigi, misalnya dari netral ke 1 dan seterusnya. Diagnosis awal penyebabnya adalah ada masalah pada sambungan antara tuas dan withdrawl lever, atau bisa disebut garpu kopling yang bertugas untuk memindahkan gear.

Baca Juga :  5 Tips Membeli Motor Bekas Berkualitas, Cek Bagian Ini!

Sarana penghubung tadi dapat berupa tali kopling mobil lama atau master kopling mobil baru. Diagnosis lain mungkin ada komponen yang sudah aus karena usia tetapi belum pernah diganti.

2. Gear slip

Dalam keadaan normal, posisi transmisi manual tidak berubah tanpa kehendak pengemudi, tetapi terkadang berubah posisinya karena gear slip.

Kerusakan seperti ini dapat menyebabkan transmisi berpindah gigi secara tiba-tiba, seperti dari gigi 3 ke netral. Jika anda menemukan mobil seperti ini selama pengujian, lebih baik urungkan niat untuk membelinya

Masalah lain yang dapat ditemukan pada mobil bertransmisi manual adalah kopling seret. Kopling seret disebabkan oleh kegagalan gagal lepasnya pelat kopling dari flywheel saat pedal kopling diinjak.

Kondisi ini akan menyebabkan pengemudi tidak dapat melakukan perpindahan gigi karena kopling masih terlibat dalam putaran mesin. Jika dipaksakan, itu hanya akan mengeluarkan suara yang kasar.

Jika anda menemukan kedua masalah di atas, lebih baik mencari mobil bekas transmisi manual lainnya. Mengingat, biaya perbaikan untuk kedua hal itu tidaklah murah.

Baca Juga :  Tips Beli Motor Bekas untuk Kendaraan Sehari-hari