fbpx
5 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak Setiap Malam

5 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak Setiap Malam

Mendapatkan tidur malam yang nyenyak tentu menjadi dambaan orang-orang yang mengalami kesulitan tidur atau gangguan tidur (insomnia). Tidur yang nyenyak adalah tanda kualitas tidur yang baik.

Sementara itu, orang dengan insomnia sering terbangun dengan kantong mata yang hitam dan besar. Keadaan ini menunjukkan bahwa gangguan tidur merupakan pemicu persoalan kesehatan.

Kualitas tidur yang baik membutuhkan 7-8 jam sehari. Jika kurang dari itu, kondisi fisik akan mengalami efek samping.

Kurang tidur biasanya tidak membuat tubuh terasa lemas, namun dapat memengaruhi daya ingat, mood, konsentrasi, depresi, kesehatan jantung, tekanan darah dan diabetes. Inilah peran penting mendapatkan tidur malam yang baik.

Begini cara tidur nyenyak dan menyegarkan tubuh saat bangun:

1. Gelapkan kamar tidur

Cahaya dari smartphone akan memengaruhi kualitas tidur. Lalu, bagaimana dengan lampu di dalam ruangan? Jika kita tidak membutuhkannya, jangan menyalakan lampu.

Baca Juga :  7 Kebiasaan Buruk Pemicu Asam Lambung, Hindari Ya!

Saat tidur, hormon melatonin dilepaskan. Fungsi utama hormon melatonin adalah membuat tidur lebih nyenyak, memungkinkan orang mendapatkan tidur yang berkualitas dan mencegah insomnia.

Pelepasan hormon melatonin sangat dipengaruhi oleh cahaya. Sebaliknya, cahaya dapat menghambat pelepasan hormon melatonin.

2. Olahraga

Memang, aktivitas fisik dapat meningkatkan kualitas tidur (walaupun para peneliti tidak begitu memahami hubungannya). Diketahui bahwa olahraga aerobik dengan intensitas sedang akan meningkatkan fase tidur nyenyak (slow wave atau deep sleep).

Namun, kita perlu memerhatikan waktu berolahraga, karena olahraga ini menghasilkan endorfin yang justru bisa membuat kita terjaga. Olahraga juga dapat meningkatkan suhu tubuh inti dan mengirim sinyal untuk bangun dan bersiap untuk aktivitas. Jika kita memiliki masalah tidur, hindari berolahraga dua jam sebelum tidur.

Diketahui, olahraga di malam hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kita akan sulit untuk tertidur.

3. Jangan melihat jam

Bagi penderita insomnia, melihat jam berulang kali di malam hari bisa menjadi pengalaman yang menakutkan. Oleh karena itu, menjauhkan jam dari kamar tidur dapat dilakukan sebagai cara untuk cepat mengantuk dan tidur lebih cepat. Jika perlu, letakkan jam di luar ruangan. Jika benar-benar tidak membutuhkan jam alarm, jauhkan jam dari jangkauan kita.

Baca Juga :  Riset: Menambah Waktu Tidur Tak Selalu Menyehatkan

4. Dengarkan musik yang menenangkan

Cara cepat tertidur di malam hari juga bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan saat tidur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 25 partisipan yang tidur selama 45 menit sambil mendengarkan musik memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada tidak mendengarkan musik.

5. Tempelkan kaki di dinding

Gerakan peregangan sebelum tidur dapat membuat tidur kita lebih nyenyak, salah satunya dengan menempelkan kaki ke dinding. Tujuan gerakan ini adalah untuk membuat punggung, bahu dan leher yang sering terasa pegal, terasa lebih nyaman saat tidur.

Caranya sederhana, tinggal berbaring, angkat kaki dan tempelkan ke dinding. Sandarkan pinggul dan kaki ke dinding, lalu pilih seberapa jauh jaraknya dengan dinding sesuai kenyamanan kita.

Selanjutnya, letakkan tangan kita pada posisi nyaman yang bisa berada di samping tubuh. Kemudian, pertahankan posisi ini selama 5-8 menit.