fbpx
Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah Putih

Ini 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Lidah Putih

Terkadang lidah yang biasanya berwarna merah menjadi terlihat putih.

Meski sekilas mengkhawatirkan, lidah putih umumnya tidak berbahaya.

Namun, dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, lidah putih bisa menjadi tanda penyakit. Simak penyebab lidah putih di bawah ini!

1. Dehidrasi

Salah satu faktor penyebab lidah putih adalah dehidrasi. Kondisi ini terjadi karena tubuh mengalami lebih banyak cairan yang mengalir keluar daripada masuk.

Bukan hanya karena kurang minum air putih, namun berbagai faktor seperti diare, muntah, berkeringat dan diabetes juga bisa menyebabkan dehidrasi.

Perlu kita ketahui bahwa tingkat dehidrasi yang rendah bahkan dapat menyebabkan sakit kepala, lesu dan sembelit.

2. Mulut kering

Kondisi ini juga disebut xerostomia. Mulut kering disebabkan oleh ketidakmampuan kelenjar ludah di dalam mulut untuk menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan mulut.

Secara umum, penderita mulut kering seperti ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti minum obat-obatan, usia, tembakau dan dehidrasi. Tentu saja, hal ini mungkin menjadi penyebab lidah putih.

Baca Juga :  Penting Diketahui! 4 Cara Cegah Infeksi Saluran Kemih

Gejala lain dari mulut kering biasanya bau mulut, sariawan dan nyeri lidah.

3. Sariawan

Sariawan pada mulut disebabkan oleh infeksi jamur ragi Candida. Sariawan dapat menyebabkan bintik putih di mulut.

Jika kita menemui situasi seperti itu, sebaiknya segera lakukan pengobatan atau konsultasi ke dokter. Kita mungkin juga merasakan sakit saat makan atau minum lho.

Penggunaan kortikosteroid inhalasi untuk mengobati asma juga dapat menyebabkan sariawan. Namun kondisi tertentu juga dapat meningkatkan risiko infeksi, termasuk diabetes.

4. Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang biasanya terjadi karena melakukan seks oral.

Biasanya, 10 hari hingga 3 bulan setelahnya, kita terinfeksi bakteri tersebut, lidah kita akan memutih. Selain lidah putih, penderita sifilis juga bisa mengalami gejala lain, seperti sakit kepala, nyeri sendi, demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Cara mengatasi penyebab lidah putih lidah

  • Menyikatnya perlahan dengan sikat berbulu lembut.
  • Menggunakan pembersih lidah khusus.
  • Minum banyak air juga dapat membantu menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang menempel di lidah, bakteri dan sisa makanan yang dapat menyebabkan lidah menjadi putih.
Baca Juga :  Ini 6 Penyebab Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Namun, jika hal-hal tersebut sudah kita lakukan namun belum juga hilang, maka kita perlu mencari penyebab lidah putih agar mengetahui pengobatan yang paling tepat. Misalnya, sifilis diobati dengan penisilin. Antibiotik ini dapat membunuh bakteri penyebab penyakit sifilis.