fbpx
5 Cara Ampuh Usir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

5 Cara Ampuh Usir Nyamuk Menggunakan Bahan Alami

Hampir semua orang merasa tidak nyaman dengan nyamuk di sekitarnya.

Selain menimbulkan suara bising di telinga, rasa gatal akibat gigitan nyamuk juga bisa membuat tidak nyaman.

Tidak hanya itu, jenis nyamuk tertentu juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Oleh karena itu, banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mengusir nyamuk di rumah, mulai dari menyetrum nyamuk dengan raket listrik, menggunakan obat nyamuk hingga menggunakan beberapa bahan alami pembasmi nyamuk.

Penggunaan bahan alami dianggap sebagai cara terbaik untuk mengusir nyamuk di rumah karena tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut 5 bahan alami pengusir nyamuk yang bisa digunakan dengan aman di rumah.

1. Daun serai

Serai merupakan salah satu bumbu dapur terbaik untuk mengusir nyamuk. Bumbu dapur ini sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan masakan Asia dan Indonesia. Aromanya yang khas tidak disukai nyamuk.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa kombinasi minyak serai dan minyak zaitun dapat memberikan 98,8 persen perlindungan nyamuk.

Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak serai juga dapat digunakan secara topikal (dioleskan ke kulit) dan memberikan perlindungan total selama 2,5 jam.

Daun serai tidak hanya bisa dibuat menjadi minyak, tetapi juga bisa dipotong-potong dan diletakkan di beberapa sudut ruangan. Kita juga bisa meletakkan satu pot tanaman serai untuk mengusir nyamuk.

2. Kayu manis

Sebuah penelitian di Taiwan menemukan bahwa minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk dan mengusir nyamuk dewasa, termasuk Aedes albopictus yang juga dikenal sebagai Asian tiger mosquito.

Untuk membuat minyak cengkeh menjadi obat nyamuk, kita hanya perlu mencampur seperempat sendok makan minyak untuk sekitar.

3. Gunakan minyak lemon eucalyptus

Minyak lemon eucalyptus telah lama digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk, dan bertahan lebih lama dalam melindungi kulit, yakni sekitar 3 jam.

Meski alami, minyak lemon eucalyptus tidak boleh digunakan pada anak di bawah usia 3 tahun.

4. Lavender

Bunga lavender yang dihancurkan akan menghasilkan bau dan minyak yang dapat mengusir nyamuk.

Sebuah penelitian menunjukkan minyak lavender efektif mengusir nyamuk dewasa. Selain itu, lavender memiliki sifat analgesik, antijamur dan antiseptik.

Karena itu, selain mencegah gigitan nyamuk, lavender juga bisa menenangkan dan menyejukkan kulit.

5. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah minyak esensial populer dari Australia. Minyak ini dikenal karena sifat antiseptik, antibakteri dan anti-inflamasinya.

Selain itu, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa minyak pohon teh dapat menjadi pengusir serangga yang efektif.

Dalam sebuah penelitian menunjukukkan pengusir nyamuk yang mengandung minyak pohon teh efektif melawan nyamuk, lalat semak dan pengusir hama.