fbpx
Ini Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

Ini Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Kolesterol adalah lipid lain yang ada dalam darah. Fungsi kolesterol sebenarnya adalah untuk membangun sel dan memproduksi hormon.

Namun, kadar kolesterol yang tinggi berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu, pemeriksaan kadar kolesterol juga penting untuk mencegah penyakit jantung di usia 20-an tahun.

Kita bisa melihat tanda-tanda kolesterol tinggi dari kondisi berikut ini:

1. Mudah lelah

Setiap orang yang menderita kolesterol tinggi akan memiliki tubuh yang sangat lelah. Masalah utamanya adalah tubuh tidak benar-benar mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.

Kemudian, berbagai organ tubuh dipaksa bermetabolisme dengan susah payah, sementara jantung dan pembuluh darah bermasalah. Tubuh yang sering merasa lelah dan tidak bersemangat seringkali dianggap sebagai gejala kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga :  Ngantuk Saat Kerja, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini!

2. Dada nyeri

Nyeri dada atau angina merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Dengan kata lain, ketika kita menghadapi situasi ini, bisa jadi kadar kolesterol darah kita sudah tinggi.

Pasalnya, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada arteri. Akumulasi ini dapat menyebabkan nyeri dada dan meningkatkan risiko serangan jantung pada penderita.

Penumpukan ini bisa menyebabkan darah yang mengalir ke jantung tidak lancar. Jika sudah seperti itu, jantung tidak bisa mendapatkan darah dengan kadar oksigen yang dibutuhkannya. Hal ini dapat menyebabkan salah satu gejala komplikasi kolesterol, yaitu nyeri dada atau angina.

3. Rasa sakit pada rahang

Rasa sakit pada rahang adalah salah satu gejala serangan jantung yang dapat terjadi karena kolesterol tinggi. Oleh karena itu, ini mungkin salah satu gejala kolesterol tinggi yang perlu kita perhatikan.

Selain gejala serangan jantung, nyeri rahang juga bisa menjadi gejala penyakit jantung koroner, yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah. Biasanya, arteri koroner dapat disebabkan oleh akumulasi kolesterol di arteri.

Baca Juga :  4 Cara Sederhana Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Cara menurunkan kolesterol

Selain minum obat sesuai anjuran dokter, kita juga bisa mencoba berbagai cara alami untuk menurunkan kolesterol, antara lain:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dianjurkan memperbanyak asupan sayur dan buah. Kandungan serat dalam sayuran dan buah-buahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat Disarankan agar kita mengonsumsi sekitar 500 gram buah dan sayuran setiap hari.

2. Konsumsi makanan yang kaya omega-3

Makanan kaya omega-3 dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Pilihan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat beragam, antara lain salmon, makerel, tuna, sarden, walnut dan biji chia,

3. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, disarankan agar kita mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, seperti alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami dan gandum.

Lebih praktisnya, kita juga bisa mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glukan dan inulin. Manfaat beta glucan bisa ‘menganjlokkan’ kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sementara inulin dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Baca Juga :  8 Obat Alami yang Ampuh Atasi Keracunan Makanan

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tetapi juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Oleh karenanya, jangan lagi menyepelekan olahraga ya!