fbpx
Sikat Gigi yang Tepat, Sebelum atau Sesudah Makan?

Sikat Gigi yang Tepat, Sebelum atau Sesudah Makan?

Para ahli menyarankan agar kita menyikat gigi dua kali sehari. Pertanyaannya, kapan waktu terbaik untuk menyikat gigi, sebelum atau sesudah makan?

Demi mengembangkan kebiasaan menyikat gigi secara teratur, banyak orang menyikat gigi pada waktu yang sama setiap hari. Menyikat gigi setiap pagi dan sore hari sebelum tidur sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang.

Di pagi hari, beberapa orang memilih untuk menyikat gigi sebelum sarapan, sementara yang lain memilih untuk menyikat gigi setelah sarapan. Orang yang menyikat gigi sebelum sarapan, tentunya, memiliki alasan tertentu.

Beberapa ahli mengatakan lebih baik menyikat gigi sebelum sarapan karena baik untuk email gigi dan kesehatan mulut secara keseluruhan.

Saat tidur, bakteri penyebab plak di mulut berkembang biak. Inilah yang menyebabkan bau mulut tak sedap saat bangun tidur.

Pasta gigi berfluoride dapat menghilangkan plak gigi dan bakteri. Ia juga melapisi email gigi dengan membentuk pelindung dari asam dalam makanan.

Selain itu, jika ingin mengonsumsi makanan asam, sebaiknya hindari menyikat gigi setidaknya 30 menit setelahnya. Saat menyikat gigi di pagi hari, orang juga akan mulai memproduksi  air liur.

Baca Juga :  Pemilik Gigi Kuning, Ini 6 Cara Memutihkan Gigi Alami

Sebuah penelitian terhadap 21 orang usia tua menunjukkan bahwa setelah menyikat gigi, peserta penelitian melihat produksi air liur hingga 5 menit. Air liur ini dapat membantu memecah makanan dan secara alami membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut.

Cara menyikat gigi yang benar

  1. Letakkan bulu sikat gigi dengan posisi membentuk 45 derajat pada permukaan gigi dekat tepi gusi. Mulailah menyikat gigi geraham atas atau gigi belakang di satu sisi mulut. Sikat setiap bagian dengan gerakan melingkar dari atas ke bawah selama sekitar 20 detik.
  2. Sikat setiap bagian gigi, mulai dari gigi yang biasa kita gunakan untuk mengunyah, dan gigi di dekat pipi dan lidah. Pastikan kita telah menyikat seluruh permukaan gigi untuk menghilangkan plak atau sisa makanan yang menempel pada gigi.
  3. Saat membersihkan permukaan bagian dalam gigi depan, pegang sikat gigi dengan posisi vertikal atau gunakan ujung kepala sikat gigi, lalu gosok gigi dengan gerakan melingkar dari tepi gusi ke atas gigi. Ulangi gerakan ini 2-3 kali.
  4. Jika perlu, ubah pola menyikat gigi. Terkadang, menyikat gigi dengan cara yang sama membuat ada bagian gigi lain yang terabaikan.
  5. Jika menyikat gigi dimulai dari geraham atas, maka sikatan akhir pada geraham bawah. Waktu menyikat setiap bagian gigi sekitar 2-3 menit, lalu berkumurlah sampai gigi bersih.
  6. Jangan menyikat gigi terlalu keras atau terlalu menekan gigi, karena akan merusak gigi dan gusi. Menyikat gigi terlalu keras sebenarnya tidak akan membantu kita membersihkan gigi dengan lebih baik. Sebaliknya, hal itu akan menyebabkan permukaan luar gigi (enamel) terkikis, yang merupakan sumber sensitivitas gigi.
  7. Menyikat gigi dengan gerakan lurus (bukan melingkar) bukanlah cara yang efektif untuk membersihkan gigi. Menyikat gigi lurus dalam waktu lama dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada gusi, hindari ya!
Baca Juga :  6 Cara Rumahan Hilangkan Plak Gigi dengan Mudah