fbpx
Ketahui 7 Penyebab Kaki Gatal, Salah Satunya Diabetes

Ketahui 7 Penyebab Kaki Gatal, Salah Satunya Diabetes

Kaki gatal merupakan hal yang menjengkelkan karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kalau gatal sesekali tidak perlu dikhawatirkan, namun kaki gatal yang tidak membaik seiring berjalannya waktu mungkin memerlukan perawatan.

Namun, dalam menentukan perawatan yang tepat, perlu dipahami penyebab kaki gatal.

Ada beberapa penyebab kaki gatal, berikut penjelasan lengkapnya:

1. Neuropati perifer

Neuropati perifer adalah kerusakan saraf yang terjadi pada ekstremitas, seperti jari tangan, tangan dan kaki. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan gatal, mati rasa dan nyeri di banyak bagian tubuh, termasuk kaki.

2. Kulit kering

Kulit kering terkadang bisa menyebabkan gatal. Faktor risiko kulit kering adalah usia, tinggal di iklim kering dan sering terpapar air. Misalnya, sering mencuci tangan karena bekerja di industri kesehatan dan jasa serta berenang di air yang mengandung klorin.

Jika kulit di kaki kering, kita juga cenderung merasa gatal. Mengoleskan krim, lotion atau minyak dapat membantu meredakan gatal.

Baca Juga :  Sariawan: Penyebab, Cara Mengatasi dan Mencegahnya

3. Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan yang dapat menyebabkan kulit merah dan bersisik. Selain menyebabkan telapak kaki gatal, kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa nyeri.

Psoriasis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh. Akhirnya, tubuh dipaksa untuk mempercepat produksi sel-sel sehat. Akibatnya, muncul ruam. Pengobatan psoriasis dilakukan dengan menggunakan krim dan lotion yang mengandung asam salisilat atau kortikosteroid.

4. Eksim

Eksim, juga dikenal sebagai dermatitis kontak, adalah penyakit kulit kering dan gatal. Eksim memengaruhi semua bagian tubuh, termasuk telapak kaki. Penyebab pasti eksim belum jelas. Namun, para peneliti percaya bahwa faktor genetik dan lingkungan mungkin menjadi “pelakunya.”

Biasanya, eksim dishidrotik yang menyebabkan gatal pada telapak kaki. Gejala seperti lecet kecil juga dapat terjadi. kitabisa merendam kaki dalam air dingin untuk mengatasinya.

Jika kondisi eksim memburuk, dokter akan meresepkan salep atau obat-obatan yang bisa dibeli di apotek.

5. Infeksi jamur

Kaki atlet (tinea pedis) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Biasanya sela-sela jari menjadi mangsanya.

Baca Juga :  5 Cara Rumahan Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Penderita kaki atlet tidak hanya merasakan gatal, tetapi juga merasakan sensasi terbakar di daerah yang terkena.

Kaki atlet dapat terjadi karena area kulit lembap yang tidak terkena sinar matahari. Misalnya, kaki yang sering memakai sepatu.

6. Reaksi alergi

Perlu diketahui bahwa reaksi alergi pada kulit juga dapat menyebabkan gatal. Dan, reaksi alergi ini bisa terjadi di bagian tubuh mana pun, termasuk telapak kaki.

Mengonsumsi antihistamin oral atau topikal dapat membantu meredakan gatal pada telapak kaki.

7. Diabetes

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang memengaruhi resistensi insulin dan bagaimana tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Ini mungkin berarti bahwa kadar gula darah seseorang terlalu tinggi memiliki konsekuensi kesehatan yang serius.

Diabetes dapat menyebabkan neuropati diabetik yang dapat menyebabkan kesemutan, gatal dan mati rasa, terutama pada kaki.

Sirkulasi darah yang buruk akibat diabetes juga bisa menyebabkan gatal.

Selain itu, memiliki diabetes meningkatkan risiko seseorang terkena infeksi bakteri dan jamur.