fbpx
Ini Lho 5 Penyebab Teliga Berdenging, Apakah Bahaya

Ini Lho 5 Penyebab Teliga Berdenging, Apakah Bahaya?

Telinga berdenging bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu kondisi yang menunjukkan gejala gangguan kesehatan tertentu.

Telinga berdenging sering menyebabkan pasien mendengar suara dering, dengung, desis, kica atau suara yang tidak nyaman di telinga.

Kondisi ini biasanya lebih terasa pada malam hari, ketika lingkungan sekitar relatif tenang.

Masalah kesehatan semacam ini disebut tinnitus dalam bidang kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab tinnitus yang perlu kita ketahui:

1. Penyumbatan telinga

Kotoran telinga, yang melindungi saluran telinga, memang memiliki efek yang besar. Kehadirannya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri, sehingga mengurangi risiko infeksi yang dapat terjadi.

Namun, jika kotoran telinga terus menumpuk dan jarang dibersihkan, kondisi ini tentu saja akan menyebabkan saluran telinga itu sendiri tersumbat. Akibatnya, masalah seperti gangguan pendengaran, iritasi, dan tinnitus dapat terjadi.

2. Cedera kepala atau leher

Cedera pada leher atau kepala dapat memengaruhi fungsi telinga bagian dalam, saraf dan otak yang berhubungan dengan pendengaran. Namun, kondisi ini biasanya hanya memicu dengingan di satu sisi telinga.

Baca Juga :  Ini 5 Cara Alami Turunkan Demam, Terbukti Ampuh!

3. Bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, organ tubuh juga akan mengalami penurunan kinerja. Hal yang sama berlaku untuk telinga. Bertambahnya usia memengaruhi bagian dalam telinga dan bagian lainnya.

Selain itu, ketika seseorang mencapai usia 60 tahun, biasanya terjadi penurunan fungsi telinga. Penurunan kinerja telinga ini bisa membuat orang merasakan suara berdenging.

4. Mendengarkan suara keras

Penyebab paling umum dari telinga berdenging adalah mendengar suara yang sangat keras. Biasanya, ketika seseorang mendengar suara keras dalam waktu lama, mereka akan mengalami kondisi seperti telinga berdenging. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada sel koklea telinga bagian dalam.

Biasanya orang yang menghadapi situasi ini adalah mereka yang bekerja di ruangan yang bising, seperti pilot, musisi, tentara dan lainnya. Menerima suara keras dapat menyebabkan telinga berdenging atau menimbulkan suara desis di dalamnya.

5. Kejang otot telinga bagian dalam

Kejang otot di telinga bagian dalam dapat menyebabkan tinnitus. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran lainnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan kejang  telinga, multiple sclerosis adalah salah satunya.

Baca Juga :  7 Cara Alami Mengatasi Perut Buncit Jadi Rata