fbpx
5 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah, Terapkan!

5 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah, Terapkan!

Bagi penderita diabetes, kadar gula darah dalam tubuh harus dikontrol setiap saat. Dengan begitu, kondisi tubuh bisa tetap sehat. Ada banyak cara untuk menurunkan gula darah yang bisa kita praktikkan.

Tentu saja, kita perlu melakukan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

Jika kita tidak mengontrol gula darah, kita mungkin mengalami banyak komplikasi kesehatan. Mulai dari penyakit jantung, ginjal, syaraf dan jenis penyakit lainnya.

Untuk menghindari masalah kesehatan yang lebih serius, sebaiknya kita mempraktikkan cara-cara berikut ini.

Namun, kita tetap perlu berkonsultasi dengan dokter ya. Dengan begitu, kesehatan kita bisa terjaga. Kalaupun sudah mempraktikkan cara-cara ini, jangan lupa untuk tetap minum obat yang direkomendasikan dokter ya!

1. Perbanyak makan serat

Meningkatkan asupan serat merupakan cara yang efektif untuk menyeimbangkan kadar gula darah. Pasalnya, serat dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Karena itu, risiko diabetes bisa dikurangi. Makanan yang kaya serat antara lain:

  • Sayuran
  • Buah
  • Kacang-kacangan
  • Gandum
Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

2. Tidur yang cukup

Cara lain untuk menurunkan gula darah tinggi adalah dengan tidur yang cukup. Ingatlah bahwa kurang tidur juga dapat meningkatkan gula darah dan mengurangi sensitivitas insulin.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan, padahal orang dengan kadar gula darah tinggi perlu menjaga berat badan ideal. Jadi, pastikan kita mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup, yakni 7 hingga 8 jam sehari.

3. Menjaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan ideal membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes. Tidak hanya itu, memiliki berat badan yang ideal juga baik untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

4. Jangan lewatkan sarapan

Cobalah untuk tidak melewatkan sarapan! Untuk menghindari lonjakan gula darah, coba penuhi menu diet kita dengan 39 gram protein. Tidak melewatkan sarapan bisa menjadi salah satu cara diet.

5. Cukupi kebutuhan cairan

Kebutuhan cairan yang cukup juga bisa menjadi salah satu cara termudah untuk menurunkan gula darah. Pasalnya, minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula yang tertimbun di dalamnya melalui urine. Selain itu, air juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko diabetes.

Baca Juga :  6 Cara Alami Menaikkan Tekanan Darah, Cobain!

Ingat, cairan terbaik untuk kebutuhan sehari-hari adalah air putih dan minuman lain yang bebas gula.